Pengembangan Media Interaktif Pemeliharaan Perangkat Komputer Berbasis Android
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i4.113988
Full Text: Language : id
Abstract
Kondisi penyebaran virus Covid 19 di Indonesia sangat berpengaruh di semua bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Pembelajaran yang dilakukan berubah secara drastis, terutama pembelajaran secara luring dalam kelas diubah menjadi pembelajaran secara daring. Sehingga peserta didik harus menyesuaikan cara belajar dan media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran secara daring ini. Dari masalah tersebut, maka dibuatlah sebuah media pembelajaran interaktif berbasis android yang bertujuan untuk menambah semangat belajar peserta didik saat daring di Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Padang yang membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik. Teknologi Android digunakan untuk menampilkan media yang lebih interaktif pada perangkat genggam yaitu Smartphone. Perancangan media ini menggunakan Mit Appinventor sebagai aplikasi perancanganya. Diharapkan pesserta didik dapat belajar dengan cepat mengenai jenis-jenis perangkat keras komputer kapanpun mereka ingin menggunakan media ini.
Kata kunci: Media Interaktif, Smartphone, Mit Appinventor 2, Android
The spreading case of Covid 19 in Indonesia is really affecting many fields, one of which is in the education. The learning system has changed drastically, especially the offline learning in the classroom is now changed to online learning. So due to that situation, students need to adjust and adapt to the way of learning in the current landscape and the learning media that is gonna be used for the online learning. Out of this situation, an Android-based interactive learning media was created which aims to increase the enthusiasm of students for the online learning session at the Informatics and Engineering Education Study Program, Padang State University, which makes the learning activities more interesting for students. Android technology is used to display more interactive media on handheld devices, such as smartphones. This media was designed using Mit Appinventor as the design application. It is expected that students can learn quickly about the types of computer hardware whenever they want to use this
Keywords: Interactive Media, Smartphone, Mit Appinventor 2, Android
References
G. K. Hamdi, “Membangun Aplikasi Berbasis Android ‘Pembelajaran Psikotes,’” vol. 12, no. 4, pp. 37–41, 2011
K. Endang, Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT.Refika Aditama, 2014.
Diah, S. Nita, D. T. Informatika, F. Teknik, and U. P. Madiun, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018
Safaat, Nazruddin. (2015). Pemrograman Aplikasi Mobile Samrtphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika.
Efendi, Yoyon. "Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor." J. Indtra-Tech 2.1 (2018).
M. dkk Rusli, Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: ANDI,2017.
Husnaini, A. N. (2016). Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Android pada Kompetensi Menjelaskan Pemasangan Komponen dan Sirkit PLC untuk SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika.
Kadir, A. (2018). Langkah Mudah Pemrograman Android Menggunakan App Inventor 2 Ultimate. Elex Media Komputindo.
Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221
Article Metrics
Abstract Views : 446 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.