Pengembangan e-Modul Dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Angjela Ellysia(1), Dedy Irfan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113525

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji validitas dan praktikalitas e-modul yang dibuat menggunakan Flip PDF Professional. Model penelitian yang digunakan dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah tetapi hanya diadaptasi sebanyak 7 langkah karena keterbatasan waktu dan dana. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu Ahli Materi dan Media. Hasil penilaian validasi ahli materi mendapatkan nilai total 96% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi ahli media mendapatkan nilai total 88% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan kepada guru mata pelajaran dan peserta didik kelas XTAV sebanyak 10 orang. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru mendapatkan nilai total 91% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian praktikalitas kepada peserta didik mendapatkan nilai total 94% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul menggunakan Flip PDF Professional yang dihasilkan sudah valid dan praktis untuk dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan dan Penelitian, E-modul, Flip PDF Professional, Dasar Listrik dan Elektronika.

 

This study aims to determine the results of the validity and practicality of e-modules made using Flip PDF Professional. The research model used was developed by Borg and Gall which consisted of 10 steps but was only adapted for 7 steps due to time and funding constraints. The validity test was carried out by 2 experts, namely Material and Media Experts. The results of the material expert validation assessment get a total score of 96% with a very valid category. The results of the media expert validation assessment got a total score of 88% with a very valid category. Practicality tests were conducted on 10 subject teachers and XTAV class students. The results of the practicality assessment by the teacher get a total score of 91% with a very practical category. The results of the practicality assessment to students get a total score of 94% with a very practical category. Based on these results, it was concluded that the e-module learning media using Flip PDF Professional produced was valid and practical to be used by teachers and students in learning.

Keywords: Development and Research, E-modules, Flip PDF Professional, Basic Electrical and Electronics.

 


References


Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2016.

Priyanthi Kadek Aris. “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Peserta didik Kelas XI TKJ SMK N 3 Singaraja)”, Jurnal Karmapati, Vol. 6, No. 1, 2013.

Hanifa dan Rizki. “Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP”, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 05, No. 02, Hal. 13, 2020.

Indah dan Eko. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-alat Optik di SMA”. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2 No. 3, Hal 145-152, 2019.

Sugiyono. Metode penelitian Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2019.

Adam Fatchur Rozy. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis 3D Pageflip Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronik Di SMK Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2017.

Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. 2013.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. 2011.

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221


Article Metrics

 Abstract Views : 2678 times
 PDF Downloaded : 894 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.