Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Media Google Classroom Pada Mata Pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112530
Full Text: Language : en
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-modul penerapan sistem radio dan televisi, menentukan tingkat validitas dari yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan pada pengembangan e-modul ini adalah Research and Development ( R&D) dengan menerapkan model Plomp. Model Plomp terdiri dari tiga tahap, 1) Penelitian awal (pleminary research), 2) Tahap membuat prototipe (prototype phase) , 3) Tahap asesmen (assesment phase). Instrumen validitas dianalisis dengan rumus Cohen Kappa (k). sebesar 0,77 dari nilai maksimal 1, nilai tersebut termasuk dalam kategori valid. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa validitas ahli media sebesar 0,85 dari nilai maksimal 1, nilai tersebut termasuk dalam kategori valid.
Kata kunci :E-Modul, Penerapan sistem radio dan televisi, Plomp, Google Classroom.
The purpose of this study is to produce an e-module for the application of radio and television systems, to determine the level of validity of the resulting ones. The research method used in the development of this e-module is Research and Development (R&D) by applying the Plomp model. The Plomp model consists of three stages, 1) pleminary research, 2) prototype phase, 3) the assessment phase. Instrument validity was analyzed by the Cohen Kappa formula (k). of 0.77 from a maximum value of 1, this value is included in the valid category. The results of this study state that the validity of media experts is 0.85 from a maximum value of 1, this value is included in the valid category.
Keywords: E-Module, Application of radio and television systems, Plomp, Google Classroom.
References
Prasetya I Gede Agus Saka. 2017. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI Dengan Model Problem Based Learning Di SMK N 2 Tabanan.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 14, no. 1.
Satriawati Helna. 2015. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X Smkn 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryanto T. S., W. D. Dwiyogo, and Sulistyorini. 2015. “Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo.” Jurnal Pendidikan Jasmani 25, no. 1.
Maulana Farid. 2020. Problematika Penggunaan Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Smp Negeri 4 Salatiga. Salatiga: IAIN Salatiga.
Haniah Siti. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Sarana Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 7 Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamni Zedha. 2017. Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Herliyanto Ari. 2015. Implementasi Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi Kelas Xi Jurusan Teknik Audio Video Smk Negeri 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arsyad Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Article Metrics
Abstract Views : 1000 timesPDF Downloaded : 328 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.