Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112046
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru mengatasi kesulitan dalam mencapai hasil yang maksimal pada saat proses mengajar secara online. Jenis penelitian menggunakan metode pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika berbasis Video Animasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Uji validitas oleh ahli materi yaitu dosen didapatkan persentase skor 90% dan ahli materi yaitu guru didapatkaan persentase skor 92%. (2) Uji validitas oleh ahli media yaitu dosen diperoleh persentase skor 100% dan ahli media yaitu guru didapatkan persentase 91%. (3) Uji praktikalitas dari guru mata pelajaran I diperoleh persentase skor 86% dan guru mata pelajaran II diperoleh persentase skor 93%. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi sangat layak untuk digunakan pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika
The study aims to help teacher overcome the difficulties of achieving maximum result during the online teaching process. Research methods use learning media Development methods on animation videos based electronic subjects. The result of this study are (1) The validity test by the material expert teacher got 90% score percentages and that the teacher’s content was 92%. (2)The validity test by media expert is that teacher get a 100% score percentages and a media expert who’s teacher get a percentage of 91%. (3) practical tests from teacher’s subject I obtained an 86% score percentage and a teacher subject II get a percentage of the score 93% by assesments by master of material, media expert and teacher from electronic electricity concluded that the study Based teaching media in perfectly feasible to use on the basic electronic subject in Vocational High School.
Keywords : Development, Learning Media, Animation Videos, Basic Electrical Electronics Subject
References
Nurmasa Atapukang (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Yang Tepat Sebagai Solusin Dalam Komunikasi. Outcome. Undiksha, 2(4), 49-50.
Fakharurrazi. (2018) Hakikat Pembelajaran yang Efektif, 86-87.
Aprida Panne & Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Hal. 344-345.
Syahril, & Mandalika. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, Vol.20(1), hal. 85–92.
Muhammad Ridwan Apriansyah, dkk (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video BerbasisAnimasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY. hal 12-13.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S.(2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003).
Educational research: An introduction (7th ed.). In Boston, MA: A & B Publications.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mardayani, S., Syahril, S., & Rizal, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(1), 9–15.
Intan, N. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Dengan Menggunakan Software Adobe Flash Cs5 untuk Pembelajaran Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Aset Tetap di Kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun A. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract Views : 3287 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1024 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.