Kontribusi Minat Belajar dan Sarana Prasarana Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar

Degi Andani Syaffutra(1), Ika Parma Dewi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111750

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi minat belajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar dasar listrik elektronika pada siswa X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Populasi penelitian adalah 65 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode ex-post facto untuk analisis kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling jenuh, dengan jumlah total 65 siswa. Data hasil belajar siswa berasal dari jawaban soal yang diberikan kepada siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Sedangkan data minat belajar dan sarana prasarana dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) minat belajar memberikan kontribusi sebesar 35,6% terhadap hasil belajar siswa. (2) sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 0,9% terhadap hasil belajar. (3) minat belajar dan sarana prasarana secara bersama-sama memberikan kontribusi 37,1% terhadap hasil belajar siswa, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan sarana prasarana berkontribusi terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti.

Kata kunci :kontribusi, minat belajar, sarana prasarana, hasil belajar.

 

This study aims to determine the contribution of an interest in learning and infrastructure to the basic learning outcomes of electronic electricity in students of X Audio Video Engineering SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti. The study population was 65 students. This type of research uses the ex-post facto method for quantitative analysis. In this study, a saturated sampling technique was used, with a total of 65 students. Student learning outcomes data comes from the answers to questions given to class X Audio Video Engineering students of SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Meanwhile, the data on learning interest and infrastructure were collected through a questionnaire using a Likert scale which had been tested for validity and reliability. The results of data analysis showed: (1) interest in learning contributed 35.6% to student learning outcomes. (2) infrastructure contributed 0.9% to learning outcomes. (3) interest in learning and infrastructure together contributed 37.1% to student learning outcomes, therefore it can be concluded that interest in learning and infrastructure contributed to learning outcomes at SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti.

 

Keywords: contribution, interest in learning, infrastructure, learning outcomes.


References


Nurhasanah, S., & A, S.(2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Vol 1, Nomor 1) Hlm 128-135

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Studi Keislaman (Vol 6, Nomor 1) Hlm 33-46.

Wasti, S. (2013). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Artikel Penelitian Studi PKK. UNP.

Arza, S,M., Azhar, N., Dewi, I,P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukitinggi. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika (Vol 6, Nomor 1) Hlm 156-165.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Riduwan, (2012). Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S3). Bandung. Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 296 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.