Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X

Manharifal Manharifal(1), Legiman Slamet(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111433

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini didasari oleh permasalahan kurangnya hasil belajar siswa dalam pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumbar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengungkapkan besarnya kontribusi kreativitas dan kebiasaan belajar atas hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah analisis korelasi. Populasi melibatkan 46 siswa dan sampel melibatkan 32 siswa. Sampel dilakukan dengan memakai teknik simple random sampling. Hasil dari analisis data ini menyatakan  bahwa (1) kreativitas belajar  dapat berkontribusi sebesar 18,31% terhadap hasil belajar siswa, (2) kebiasaan belajar dapat berkontribusi sebesar 22,39% terhadap hasil belajar siswa, (3) kreativitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dapat berkontribusi sebesar 27,44% terhadap hasil belajar siswa kelas. Jadi dapat diambil kesimpulan semakin baik kreativitas dan kebiasaan belajar siswa dalam proses pembelajaran, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar dari siswa tersebut.

Kata Kunci : Kreativitas, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

      

This research is based on the problem of the lack of student learning outcomes in the subject of Implementing Occupational Safety and Health at State Vocational High School 1 Sumbar. The purpose of this research is to reveal the contribution of creativity and learning habits to student learning outcomes. The method used is correlation analysis. The population involved 46 students and the sample involved 32 students. Samples were conducted using simple random sampling technique. The results of this data analysis state that (1) learning creativity can contribute 18.31% to student learning outcomes, (2) study habits can contribute 22.39% to student learning outcomes, (3) learning creativity and learning habits together can contribute 27.44% to the learning outcomes of class students. So it can be concluded that the better the creativity and learning habits of students in the learning process, the higher the learning outcomes of these students.

Keywords: learning creativity, study habits, learning outcomes


References


Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Deri Antoni, "Kontribusi Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Painan", Ejournal.Unp.Ac.Id, Pdf Jurnal Dari UNP, Vol 1, No 1, 2018.

Utami Munandar. 2009. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Rudi Yanto, "Kontribusi Kreativitas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Dasar Keterampilan Teknik Mahasiswa S1 Teknik Elektronika Universitas Negeri Padang", Skripsi, Universitas Negeri Padang, Padang, 2007.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurhasni Safitri, "Kontribusi Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat PKDLE di SMKN 1 Padang", Skripsi, Universitas Negeri Padang, Padang, 2007.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Alfabeta

Husein Umar. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.