Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan Berbasis Android

Ria Sapitri(1), Muhammad Adri(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.111382

Full Text:    Language : id

Abstract


Media pembelajaran adalah sarana untuk menyampaikan pesan dari pendidik ke peserta didik untuk merangsang peserta didik dalam berpikir yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik dalam mempelajari materi administrasi sistem jaringa secara mandiri dimana proses pembelajaran tetap dapat dilakukan meskipun tanpa adanya proses tatap muka antara pendidik dan peserta didik sehingga waktu yang digunakan relative efisien karena tidak mengurangi intensitas jam pembelajaran. Dalam pengembangan aplikasi menggunkan metode waterfall. Sedangkan pembuatannya mengguankan framework codeigniter dengan bahasa pemrograman PHP dan java dengan editor Sublime Text. Hasil dari tugas akhir ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran administrasi sistem jaringan berbasis android, yang didalamnya terdapat menu silabus, menu materi, menu jobsheet, menu video tutorial, dan menu latihan soal yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam mempelajari materi administrasi sistem jaringan.


References


Puspitaningrum, Asti Amalia, Endar Suprih Wihidayat Dan Pusanda Hatta. ”Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Routing Statis”. Jurnal Ilmiah Edutic, vol.6, no1, pp. 31-38. 2019.

Arsyad, Azhar. Media pembelajaran. jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2011.

Driyani. Dewi.”Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun (Waterfall)”. Jurnal String, vol 3, no 1, pp. 35-43. 2018.

Betha, Sidik. PHP Framework Codeigniter: Menggunakan Framework Codeigniter 2.X Untuk Memudahkan Pengembangan Pemograman Aplikasi Bandung: Informatika. 2012.


Article Metrics

 Abstract Views : 464 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.