Pengembangan Modul Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video Berbasis Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.111289
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video berbasis Inquiry menggunakan metode Pictorial Riddle. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D Models). Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI teknik audio video. Uji coba pengembangan modul melibatkan 2 orang Dosen Jurusan Teknik Elektronika FT UNP sebagai Validator dan 2 orang guru mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video serta 16 orang siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang sebagai responden praktisi. Prosedur pengembangan tersebut terdiri dari analisis observasi, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, perumusan tujuan pembelajaran, desain produk, uji validitas, uji praktisitas, dan penyebaran. Hasil penelitian ini mendapatkan kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor 79,05% (valid) sedangkan penilaian ahli media dengan skor 91,43% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas mendapatkan penilaian dari guru mata pelajaran sebagai validator I dengan skor 98,00% (sangat valid) dan penilaian dari validator II dengan skor 97,00% (sangat valid). Hasil praktikalitas responden siswa secara keseluruhan mendapatkan skor 83,20% (sangat valid). Dapat disimpulkan modul yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video.
References
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 pasal tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1).
Hamid, M. (2016). Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Belajar melalui Workshop pada SMA Granada PGRI Kota Banda Aceh. Jurnal Media Inovasi Edukasi (JMIE), 2(1), 48-57.
Awal, S., Yani, A., & Amin, B. D. (2016). Peranan Metode Pictorial Riddle Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMAN 1 Bontonompo. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 249-266.
Prihatin, Pengembangan modul berbasis inquiry terbimbing pada materi jamur untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas x SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali, 2017. Website: http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri
Eliana, N., Prihandono, T., & Wahyuni, S. (2017). pengembangan modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di madrasah aliyah. FKIP e-PROCEEDING, 2(1), 7-7.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widoyoko, S. Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukardjo. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pps UNY
Suharsimi Arikunto. 2012. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract Views : 980 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 127 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.