Rancang Bangun Sistem Informasi E-Office pada Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Marzella Aurelia Avila(1), Denny Kurniadi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.111285

Full Text:    Language : id

Abstract


Administrasi perkantoran memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau instansi dengan banyaknya pelayanan informasi dan pengelolaan data, sehingga sering terjadi ketidakefisienan waktu, tenaga dan biaya dalam pelayanan administrasi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu proses pelayanan administrasi agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem ini adalah metode pengembangan perangkat lunak dengan model pengembangan DevOps (Development and Operations).  Model ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap analisis kebutuhan, tahap perancangan dan tahap implementasi. Dengan menggunakan model ini, pengelola sistem dengan profesional IT dapat terintegrasi dalam proses pengembangan sistem. Arsitektur sistem ini berbasis Model-View-Controller menggunakan framework Yii2 dengan bahasa pemrograman PHP.  Hasil dari tugas akhir ini adalah menghasilkan sebuah sistem informasi e-Office yang didalamnya terdapat beberapa pelayanan seperti pelayanan kepegawaian dan kemahasiswaan. Diharapkan dengan adanya sistem informasi ini dapat mengurangi permasalahan yang terjadi dan meningkatkan proses pelayanan administrasi.


References


Aswati, Safrian, et al.”Peranan sistem informasi dalam perguruan tinggi”. Jurteksi Royal Edisi2, 2015.

Herdiana, F. “Penerapan dan Pemanfaatan E Office Sebagai dalam Perwujudan Paperless Office”. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), vol. 3 no.1, 2019.

Sutha, Diah Wijayanti. "Administrasi Perkantoran." Sidoarjo, Indomedia Pustaka (2018).

Lestariningsih, E. “Rancang Bangun E-Office Administrasi Surat Di Bagian Humas Universitas Stikubank Semarang” (DINAMIKA INFORMATIKA : Jurnal Ilmiah Teknologi Informatika), vol. 7 no. 2, 2015.

Farell, G., Saputra, H. K., & Novid, I. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik UNP)”. (JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan), vol.11 no.2 p.55-62, 2018.

Pardede, Jasman; Musrini, Mira; Abdilah, Daud. “Pembangunan Sistem E-Office Di Perguruan Tinggi Institut Teknologi Nasional”. Semnasteknomedia Online, vol.5 np.1 p.1-2-223, 2017.

Kurniawan, Galih, Teknologi Bisnis, 2013. Webiste : https://teknologi.bisnis.com, diakses tanggal 21 Januari 2021.

Wiranda, Tio; Adri, Muhammad. Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. Voteteknika: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, vol.7 no.4 p.85-92, 2020.

Taryana, Acep; Fadli Ari; Nurshami, Siti Rahmah. “Merancang Perangkat Lunak Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi Yang Memiliki Daya Adaptasi Terhadap Perubahan Kebutuhan Pengguna Secara Cepat Dan Sering”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, vol.5 no.3 p.121-129, 2020.


Article Metrics

 Abstract Views : 1373 times
 PDF Downloaded : 583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.