Rancang Bangun CNC (Computer Numerically Controlled) PCB Layout Berbasis Mikrokontroler

Agung Gumelar(1), Edidas Edidas(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i3.109773

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari tugas akhir ini adalah dapat membuat alat ukir layout rangkaian elektronika pada papan PCB (Printed Circuit Board) atau yang disebut dengan mesin CNC (Computer Numerical Control) sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam pembuatan layout dan mengurangi proses dari pembuatan layout biasa yang menggunakan bahan pelarut tembaga Ferric Chloride (FeCl3) dan proses lainnya. Metode perancangan dan pembuatan sistem alat ada beberapa tahapan yaitu  perancangan alat, perancangan perangkat keras perancangan perangkat lunak, dan rancangan fisik alat. Hasil perancangan dan pembuatan alat mesin CNC untuk mengukir layout pada PCB bekerja dengan menggunakan mikrokontroller Arduino UNO sebagai pengirim firmware GRBL dan menggunakan aplikasi CNCjs untuk mengontrol mesin CNC. Alat ini menggunakan tiga (3) motor stepper nema17 sebagai penggerak mesin dengan tiga axis yaitu X, Y dan Z, selanjutnya mesin CNC menggunakan bor sebagai alat ukir pada PCB yang terletak pada Axis Z. Layout akan diukir pada PCB setelah file layout diubah dalam bentuk file .ngc menggunakan aplikasi inkscape dan diupload pada aplikasi CNCjs sehingga pengontrolan mesin CNC pada proses baik sebelum dan akan dioperasikan. Dari hasil penelitian tugas akhir ini menghasilkan alat yang dapat mengukir layout pada papan PCB.

Kata kunci : CNC, PCB, Motor Stepper, GRBL, Mikrokontroller


References


Dimpudus, S. Y., Poekoel, V. C., & Manembu, P. D. (2015). Sistem Pengepakan Botol Minuman Kemasan Berbasis Programmable Logic Controller. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(7), 65-72.

Kushartanto, P., Kabib, M., & Winarso, R. (2019). Sistem Kontrol Gerak Dan Perhitungan Produk Pada Mesin Pres Dan Pemotong Kantong Plastik. Jurnal Crankshaft, 2(1).

Pradana, D. K (2011). Rancang Bangun CNC Milling Machine Home Made Untuk Membuat PCB. Jurnal Teknologi Elektro, 10(1), 35-41.

Naldy, D., & Akbar, M. (2016). Perancangan dan Analisis Struktur Mekanik Prototipe Mesin CNC Milling 3-Axis (Doctoral dissertation, Riau University).

Syahban Rangkuti, “Arduino & Proteus Simulasi Dan Praktik”, Informatika, Bandung, 2016.

Lutfi, S. B., Kabib, M., & Hidayat, T. (2019). Desain Dan Implementasi Sistem Kontrol Putaran Rol Penarik Dan Pengepres Plastik Pada Mesin Pengemas Jahe Bubuk. Jurnal Crankshaft, 2(2).

Mulkan, Y., Hakimah, H. F., Lazuardi, M. R., Vega, R., Basjaruddin, N. C., & Rakhman, E. (2020, September). Mesin Gambar Otomatis Berbasis Mikrokontroler. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 293-299).

Rejeki, M. S., & Tarmuji, A. (2013). Membangun aplikasi autogenerate script ke Flowchart untuk mendukung business process Reengineering (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Asril, A. A., Octavia, H., Yustini, Y., & 6 Lifwarda, L. (2018). Perancangan Sistem Kontrol Lampu dengan Memanfaatkan Teknologi Bluetooth pada Smartphone Android Berbasis Mikrokontroller ATMEGA328. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 15(1), 1-8.

Prasetya, A., Ugiarto, M., & Puspitasari, N. (2017). Pengembangan Aplikasi Game Shoot'em Up Star Assault dengan Game Maker Studio. In Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Vol. 2, No. 1).

Sobirin, D. M., & Utama, J. (2020). Perancangan Sistem Multi Computer Numerical Control (CNC) Untuk Plotter Dan Laser Engraving. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 51-58.


Article Metrics

 Abstract Views : 2030 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.