Pembuatan Jobsheet Mata Pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor & Mikrokontroler Berbasis Model SFAE
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i3.109469
Full Text: Language : id
Abstract
Dalam proses pembelajarannya, mata pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler membutuhkan media belajar berupa jobsheet. Namun berdasarkan hasil observasi penulis selama melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan di SMKN 1 Bukittinggi, penulis tidak melihat adanya jobsheet yang mampu membimbing siswa selama melakukan praktikum.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan jobsheet untuk mata pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler berbasis model SFAE dan menentukan tingkat validitas dari jobsheet yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model pengembangan Four-D Models. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket yang diisi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini adalah: (1) jobsheet yang sesuai dengan model pengembangan Four-D Models dengan empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate; (2) kelayakan jobsheet berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rerata skor 86,5 (sangat layak) sedangkan berdasarkan penilaian ahli media diperoleh skor 91 (sangat layak). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa jobsheet untuk mata pelajaran Teknik Pemrograman Mikroposesor dan Mikrokontroler berbasis SFAE yang dihasilkan valid..
Kata kunci : Jobsheet, Scientific, Four-D Models, Teknik Pemograman Mikroprosesor & Mikrokontroler
References
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2011.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2013.
Taniredja, dkk, Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung, Alfabeta, 2013.
Thiagarajan, Sivasailam, Semmel, Dorothy s, Melvyn I, Instrucsional Development for Training Teachers of Exceptional Children, Bloomington, Indiana, Indiana University, 1974.
Article Metrics
Abstract Views : 388 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 131 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.