Analisis Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dasar Listrik dan Elektronika
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i3.109462
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran dasar listrik dan elektronika Kelas X jurusan teknik audio video di SMKN 1 Padang. Kelayakan teoritis dari media dapat dilihat dari aspek kelayakan materi dan kelayakan media. Kelayakan materi meliputi aspek kelayakan materi/isi sedangkan kelayakan media meliputi aspek konstruk/sajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Teknik pengumpulan data adalah dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan jenis pilihan. Analisis data menggunakan data kuantitatif. Subjek dari ahli peneliti adalah ahli materi dan ahli media. Dalam penelitian ini validasi ahli meteri diuji oleh dua ahli materi dan validasi ahli media diuji oleh dua orang ahli materi. Hasil penelitian yang diperoleh berupa aplikasi android mendapat penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata keseluruhan 8 sehingga masuk dalam kategori Baik atau Layak secara teoritis. Sedangkan penilaian dari ahli media didapatkan rata-rata keseluruhan 8.8 sehingga masuk dalam kategori Sangat Baik atau Sangat Layak secara teoritis. Dari nilai rata-rata keseluruhan kelayakan materi dan media yang tinggi,menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android dasar listrik dan elektronika sebagai media pembelajaran layak digunakan.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Android, Dasar Listrik dan Elektronika, Analisis Kelayakan
References
P.Sultan M, Hanesman, Sukaya, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di Smk Negeri 1 Kinali”. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Vol 5, No, Juni – Desember 2017.
Puji S, Endang T.W, Andari P.A., “Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android “Chemical Lab Work Guide” Sebagai Media Pembelajaran”. Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. ISBN : 978-602-5614-35-4 FMIPA UNIMUS 2018
Suci Ferdiana, “Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19)”. Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya. IJSL 1 (1) (2020) 05-12/ ISSN: 0000-0000
Mendikbut. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona viruS Disease (Covid- 1 9).
Ni Komang Suni Astini. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.”STKIP Agama Hindu Amlapura. ISSN 2615-0913 (E) Vol. 3 No. 2 (2020)
Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Article Metrics
Abstract Views : 5593 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1624 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.