Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Tiket Travel di Lima Puluh Kota ( Mudiak ) Berbasis Android

Miftahul Rizki(1), Legiman Slamet(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i1.107753

Full Text:    Language : en

Abstract


Pemesanan tiket biasanya dilakukan sebelum melakukan perjalanan menggunakan trasnpotrasi umum. Saat ini pemesanan tiket masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu datang langsung ke perusahaan travel. Proses pemesanan ini kurang efektif karena banyak menghabiskan  waktu dan biaya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi penjualan tiket travel di Kabupaten Lima Puluh Kota berbasis android. Perancangan aplikasi menggunakan metode prototyping dengan pemograman java berbasis android menggunakan software aplikasi android studio dengan versi gradle 4.10.3. Pada aplikasi ini terdapat fitur jadwal dan tarif. Pada pemesanan tersedia fitur chat untuk memudahkan komunikasi antara penumpang dengan perusahaan travel. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pemesanan tiket travel dimana saja dan kapan saja. Dengan adanya aplikasi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan travel PO Bahagia, karena dari pemesenan tiket secara manual menjadi lebih praktis dan memudahkan pengguna memesan tiket tanpa harus ke loket.

Kata kunci : travel, tiket, android, aplikasi.

 

Ticket reservations are usually made before traveling using public transportation. Currently, ticket reservations are still done in the conventional way that is, come directly to the travel company. This ordering process is less effective because it consumes a lot of time and money. This research resulted in an application for selling travel tickets in Lima Puluh Kota Regency based on Android. The design of the application uses the prototyping method with Java-based Android programming using Android Studio application software with Gradle version 4.10.3. In this application, there is a schedule and tariff feature. In the chat feature available to facilitate communication between passengers and travel companies. The making of this application aims to facilitate users in booking travel tickets anywhere and anytime. This application is very useful for PO Bahagia travel companies because manually ordering tickets becomes more practical and makes it easier for users to order tickets without having to go to the ticket window.

Keywords: travel, ticket, android, application


References


R. Saputra and A. Ashari, “Integrasi Laporan Demam Berdarah Dengue (DBD) Menggunakan Teknologi Web Service,” J. Masy. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 15–26, 2012, doi: 10.14710/jmasif.2.3.15-26.

R. R. Rerung, E-COMMERCE Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. 2018.

S. Badriah, “Fungsi Handphone di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga,” pp. 1–11, 2017.

Y. Yushanto and A. Wijayanto, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. 2017.

R. A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2018.

U. Simalango, A. Huda, and N. Dwiyani, “Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Interaktif Mobile Learning,” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. Vol. 6, No, no. 2, pp. 1–6, 2018.

Y. Priyadi, Kolaborasi SQL dan ERD dalam Implementasi Database. 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 502 times
 PDF Downloaded : 570 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.