Aplikasi Ujian Online Berbasis Android Menggunakan Fitur Aksesbilitas Khusus Tunanetra

Raivan Saputra(1), Dedy Irfan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i1.107752

Full Text:    Language : en

Abstract


YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Sumbar merupakan lembaga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Pelaksanaan ujian bagi anak berkebutuhan khusus dalam hal ini adalah tunatetra yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan ujian secara manual. Begitu juga dengan pihak guru yang mengalami kesulitan pada pembuatan soal yang masih menggunakan rekaman suara dan pemeriksaan soal masih dengan cara manual yang berpotensi terjadi kesalahan dalam pemeriksaan soal. Dibutuhkannya aplikasi ujian online berbasis android menggunakan fitur aksesbilitas untuk anak tunanetra. proses pembuatan aplikasi ujian online ini menggunakan metode waterfall. Metode waterfall memiliki tahapan berupa input dari tahapan berikutnya, terdapat 4 fase yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengujian. Hasil dari perancangan sistem serta uji coba yang telah dilakukan dari perancangan yang dibuat dapat digunakan. Hasil sistem yang dibuat merupakan ujian online untuk anak tunanetra menggunakan fitur aksesbilitas  berbasis android. Uji coba pada score penilaian hasil ujian sudah dapat dilakukan secara otomatis pada android.

Kata kunci : Ujian, aplikasi, siswa, guru

 

West Sumatra YPAC (Disability Development Foundation) is an educational institution for children with special needs. Examination for children with special needs in this case is the blind who have difficulty in doing the test manually. Likewise with the teacher who has difficulty in making questions that still use voice recordings and examination of questions is still in a manual way with the potential for errors in the examination of questions. The need for an android-based online exam application using accessibility features for blind children. the process of making this online exam application using the waterfall method. The waterfall method has stages in the form of input from the next stage, there are 4 phases consisting of needs analysis, design, implementation and testing. The results of the design of the system as well as trials that have been carried out from the design made can be used. The results of the system are made an online test for blind children using the Android-based accessibility feature. Trials on the assessment scores can be done automatically on android.

Keywords: Exams, applications, students, teachers


References


F. Huzaimah and D. Irfan, “RANCANG BANGUN APLIKASI UJIAN ONLINE PRA KOMPRE BERBASIS ANDROID,” vol. 6, no. 2, 2018.

S. R. Nurhalimah, S. Suhartono, and U. Cahyana, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan,” JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 2, pp. 160–167, 2017, doi: 10.21009/jrpk.072.10.

Ridwan Prasetya Utomo, Arief Budiman, and Triono Joko, “Aplikasi Ujian Online Masuk Universitas Merdeka Madiun,” vol. 2, no. September, 2017.

A. D. Samala, B. R. Fajri, and F. Ranuharja, “Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 13–19, 2019, doi: 10.24036/tip.v12i2.221.

B. Etikasari, I. Widiastusti, and T. D. Puspitasari, “Media Pembelajaran untuk Anak MDVI / Deafblind,” pp. 8–9, 2018.

A. Sari, “Sistem informasi bimbingan tugas akhir pada fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi universitas mulawarman,” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 242–249, 2017, doi: 10.1016/j.bmcl.2006.11.036.


Article Metrics

 Abstract Views : 671 times
 PDF Downloaded : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.