PERBEDAAN HASIL BELAJAR SENI RUPA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING dengan KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 PADANG

RIYA WAHYUNI, Dr. Yahya, M.Pd, Drs. Suib Awrus, M.Pd(1),
(1)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/sr.v3i2.5586

Full Text:    Language : en

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan belum optimalnya penggunaan model pembelajaran oleh pendidik pada saat pembelajaran. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk membuat proses belajar mengajar dalam kelas terasa menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar seni rupa pada mata pelajaran seni budaya menggunakan model pembelajaran contectual teaching and learning (CTL) dengan konvensional pada siswa kelas VII SMPN 7 Padang. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 7 Padang. Sampel diambil secara random, yakni pada kelas VII3 sebagai kelas kontrol dan VII5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang tiap kelasnya. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh pada kelas eksperimen (VII5) adalah 82,81 sedangkan kelas kontrol (VII3) adalah 78,75 yang diolah menggunakan SPSS 22 Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukan hasil belajar pembelajaran seni budaya materi seni rupa siswa kelas VII SMPN 7 Padang yang diajar dengan model Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar materi seni rupa menggambar ragam hias siswa mata pelajaran seni budaya yang diajar dengan konvensional Kata

kunci: perbedaan, hasil belajar, model pembelajaran


Article Metrics

 Abstract Views : 236 times
 PDF Downloaded : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.