IMPLEMENTASI MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA OLEH GURU SENI RUPA DI KELAS VII MTSN 2 PADANG

Aulia Fahilatul rahmi(1), Asra Ilal Khairi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v14i2.135995

Full Text:    Language : english

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan Indonesia yang menekankan fleksibilitas dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Namun, implementasinya sering menghadapi tantangan, terutama dalam penyusunan dan penerapan modul ajar oleh guru.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru seni rupa terhadap konsep dan komponen modul ajar Kurikulum Merdeka, mendeskripsikan penerapannya di kelas, serta mengidentifikasi bentuk adaptasi modul ajar yang dilakukan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni rupa memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap konsep dan tujuan modul ajar Kurikulum Merdeka, dengan penekanan pada capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas dan adaptasi awal guru terhadap kurikulum baru.

 

Kata kunci : Kurikulum Merdeka, modul ajar, seni rupa, guru,implementasi.


References


Masri, Rusdinal, & Nurhizrah Gistituati. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(4), 347–352.

Nasution, S. (2009). Metode Research (penelitian ilmiah). 3(1), 33–41.

Ridwan Hanafi, & Yusron Wikarya. (2025). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Seni Rupa di SMP Negeri 21 Padang. Abstrak : Jurnal Kajian Ilmu Seni, Media Dan Desain, 2(2), 19–26. https://doi.org/10.62383/abstrak.v2i2.544

Selfi Arinie, & Nor Azmah. (2025). Komponen Modul Ajar Dan Manfaatnya Bagi Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Abad 21. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 291–297. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.498

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 10, No. 1 Tahun 2023. 10(1), 80–90.


Article Metrics

 Abstract Views : 29 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.