Media Kolase Berbasis Ragam Hias Sumatera Utara sebagai Stimulus Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Sekolah Dasar

Gabe Monika Berutu(1), Try Wahyu Purnomo(2), Sri Mustika Aulia(3), Laurensia Masri Perangin-angin(4), Putra Afriadi(5),
(1) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(2) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(3) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(4) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(5) Universitas Negeri Medan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i3.131038

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil T.A 2024/2025 di SDN 060853 Kec. Medan Perjuangan dan bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media kolase berdampak positif pada hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian eksperimen digunakan, dengan desain satu kelompok pretest-posttest. Satu kelompok sampel, yang terdiri dari 25 siswa dari kelas IV, digunakan dalam penelitian ini. Studi ini mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda. Desain gambar yang digunakan dalam pembuatan media kolase ini ialah beberapa gambar ragam hias dari sumatera utara yaitu: Gorga Ipon-Ipon yang berasal dari Batak Toba, Gerga Perbunga Koning berasal dari Pakpak Bharat, Pahu-Pahu Patundal berasal dari Simalungun, Logo Museum Pusaka Nias berasal dari Nias, Siriah Gadang berasal dari Minang. Hasil penelitian ini memperlihatkan  bahwa media kolase memberikan pengaruh dalam mencapai hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya dengan tema lingkungan sebagai objek seni pada bagian tekstur yang ditunjukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan media kolase.

 


References


Andri. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35.

Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Nababan, F., dkk. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V SDN 028229 Binjai Barat. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3).

Nurkhasanah, S. (2017). Kolase Bahan Alam. Jurnal Abadimas Adi Buana, 1(2), 35-40.

Purnomo, T.W., Masta, G. & Rizki, N.P. (2019). Peningkatan Kreativitas Menggambar Melalui Model Explicit Intruction Pada Siswa Kelas IV SDN Wanasari 12 Cibitung. Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIMED. 353-362.

Pangestu, A., Erlinda, S., T.W., Purnomo. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Alat Bantu Pembelajaran Berbasis IT Terhadap Kualitas Hasil Pembelajaran Guru SD Negeri 020598 Binjai Selatan. Jurnal Sekolah, 123-130.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Sardiman, A. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Solichah, Silvana & Ayusari, N. (2017). Keterampilan Kolase. Yogyakarta: Indopublika.

Sudjana & Nana. (2016). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Komputer, Power Point, Internet, Interactive Video. Jakarta: Kata Pena.

Zahwa, A. K., & Reza, M. (2018). Pengaruh Seni Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Surabaya. PAUD Teratai. Https://Rinjani.Unitri.Ac.Id/Handle/071061/1227


Article Metrics

 Abstract Views : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.