Flip ”Art” Book: Inovasi Buku Cerita Digital sebagai Media Pembelajaran Ragam Hias Melayu Deli

Hyssa Sihotang(1), Try Wahyu Purnomo(2), Sri Mustika Aulia(3), Khairul Usman(4), Putra Afriadi(5),
(1) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(2) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(3) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(4) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(5) Universitas Negeri Medan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i3.130975

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran flip ”art” book pada pembelajaran SBdP yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB di SDN 107298 Sei Rotan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan penelitian dan pengembangan media yang mengacu pada model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flip ”art” book yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan skor validitas 96 dan validasi materi mendapatkan skor nilai 92. Aspek kepraktisan mendapatkan skor nilai 95 dari hasil penilaian respon atau tanggapan guru kelas V SD pada tanggal 13 Juni 2024. Efektivitas media ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa, di mana persentase siswa yang tuntas pada saat pretest meningkat dari 19,35% (rata-rata nilai 54,29) menjadi 100% (rata-rata nilai 83,61) pada posttest. Media flip ”art” book berbantuan Canva terbukti sangat efektif untuk pembelajaran SBdP.


References


Afriadi, P., & Aulia, S. M. (2019). Seni Rupa yang Meng-Humanis. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 220–239. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/16125

Dwiyasari, K. M. A., Arnyana, I. B. P., & Astawan, I. G. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas II SD. PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(1), 71–82. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2023

Juliani, Retno (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 2587-4122. Retrieved from https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14065

Masithoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(1), 21–27. Retrieved from https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80

Merrisa.M, Abdul.H (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26259

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48. Retrieved from https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Octa, O., & Sunaryati, T. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDIT Nuurul A’raaf Tahun Ajaran 2022/2023. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 9–19. Retrieved from https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i01.2262

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. Retrieved from https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. Retrieved from https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589

Purnomo, T. W., Aulia, S. M., Muslim, & Milala, P. E. B. S. (2023). Komik Edukasi Ragam Hias Sumatera Utara Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 12(2), 358-365. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gorga/article/view/49749

Purnomo, T. W., Ginting, M., & Putri, R. N. (2019). Peningkatan Kreativitas Menggambar Melalui Model Explicit Intruction Pada Siswa Kelas IV SDN Wanasari 12 Cibitung. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 2(1), 353–362. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/16140

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. Retrieved from https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Takacs, Z. K., & Bus, A. G. (2018). How pictures in picture storybooks support young children’s story comprehension: An eye-tracking experiment. Journal of Experimental Child Psychology, 174, 1-12. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jecp.2018.04.013

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85. Retrieved from https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Yuliani, W. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 76–84. Retrieved from http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8276


Article Metrics

 Abstract Views : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.