PENGGUNAAN KERTAS SEBAGAI BAHAN CANTING CAP DALAM PEMBELAJARAN ELEMEN BATIK DI SMK NEGERI 4 PADANG

Shekar Hanum Pramesty(1), Maltha Kharisma(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i3.130340

Abstract


Kertas dapat digunakan sebagai bahan pembuatan alat cap batik sederhana, namun banyak jenis dan karakter kertas yang dapat dijumpai dalam keseharian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kertas yang digunakan serta bagaimana prosedur penggunaan canting cap kertas dalam pembelajaran elemen batik di SMK Negeri 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui teknik peningkatan pengamatan, dan triangulasi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian, Kertas yang baik digunakan untuk canting cap memiliki ketebalan 0,5 mm – 1 mm dengan jenis karton, kertas dengan lapisan mengkilap digunakan untuk motif banyak relung, motif yang kecil dan rumit, sedangkan kertas bertekstur tanpa lapisan digunakan untuk motif geometris, bersifat kaku dan pola tunggal bidang besar. Prosedur penggunaan canting cap dimulai dari memanaskan lilin, mencelupkan sebagian canting cap kertas, diangkat, lalu dikibaskan dan ditempelkan pada kain. Canting cap kertas mudah untuk dibuat dan digunakan karena memiliki bobot yang ringan, bahan dan alat yang terjangkau, kualitas produk dengan jangka ketahanan hingga 7000 kali cap, memfasilitasi kreativitas dalam pembelajaran elemen batik dan membantu proses produksi batik. Kekurangannya, hasil cap tidak sehalus cap tembaga dan tidak dapat dibuat motif detail berupa titik - titik.

 


References


Amrulloh, R. N. F. (2018). Batik Lukis Karya Guntur Sasono di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Periode 2008 - 2016 . Jurnal Seni Rupa, 6 (1), 653-662.

Asih, T. N. D. (2018). Canting Cap Berbahan Limbah Kertas Kreasi Nurohmad Di Dusun Sawit, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 7(4), 427-437.

Dwiyanti, H. R., & Kristiyani, F. (2018). Batik Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif, Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya, Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Jilid 1. Yogyakarta: Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud RI.

Husaini, F. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Lestari, I., & Zakiah, L. (2019). Kreativitas dalam konteks pembelajaran. Bogor: Erzatama KaryaAbadi.

Marlina, & Karmila, M. (2021). Bahan perkuliahan kriya tekstil. 1. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Maxipro. (2022). Perbandingan Jenis Kertas Karton di Pasaran. Diambil dari: https://maxipro.co.id/jenis-kertas-karton/(02 Februari 2024)

Pudiastuti, W. (2019). Membuat Pola batik. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Seni Dan Budaya.

Yahya. (2022). Penelitian Kualitatif untuk Seni dan Budaya. Padang: Universitas Negeri Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.