PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB BIDANG STUDI SENI RUPA DI SMA NEGERI 3 PADANG
(1)  
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/sr.v1i2.1277
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran
seni budaya sub bidang studi seni rupa di SMA Negeri 3 Padang dengan orientasinya adalah
guru bidang studi. Fokus penelitian ini adalah pada proses atau pada saat pembelajaran
berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh disusun secara sistematis, terorganisir, terstruktur dan terpola,
kemudian dianalisis, diverifikasi, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sekolah yang bagus ( disini dikatakan kedalam kategori RSBI) belum tentu menjamin mutu
hasil pembelajaran. Pembelajaran dilakukan tidak secara professional. perencanaan
pembelajaran hanya untuk memenuhi syarat saja, aspek mutu maupun sasaran yang ingin
dicapai hanya berwujud wacana/ konsep. Pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan
perencanaan awal dimana pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak memenuhi standar
– standar yang telah di tetapkan. Tidak ada acuan yang jelas dalam mengevaluasi
pembelajaran siswa.
Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran
Article Metrics
Abstract Views : 299 timesPDF Downloaded : 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.