bermain skateboard sebagai ide penciptaan karya digital painting

taufik hidayat(1), Maltha Kharisma(2),
(1) universitas negeri padang  Indonesia
(2) Univeritas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i2.127202

Abstract


Bermain Skateboard  seringkali dianggap permainan yang anarkis dan merusak fasilitas umum,tidak kenal aturan, maupun kenakalan kenakalan lainnya. Namun, tentu nilai-nilai Skateboard tidak pernah senegatif apa yang publik awam stigmakan, kalau misalkannya ada mungkin karena maksud dan tujuan tertentu, karena bermain Skateboard  memiliki banyak dampak positif . Artikel ini membahas tentang permainan skateboard yang menjadi rancangan ide dalam sebuah karya digital painting bergaya kontemporer. Dalam mewujudkan karya seni digital painting ini menggunakan metode pola kosorium seni yang terdiri dari tahapan persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep dan penyelesaian. Di dalam bermain Skateboard  memiliki beragam trik salah satunya trik Ollie, untuk mencapai keberhasilan dalam trik Ollie harus dilakukan secara berulang ulang, mengalami jatuh bangun serta tidak sedikit pelajaran yang bisa diambil untuk dijadikan sebuah kesimpulan. Sama halnya didalam kehidupan, setiap manusia pasti memiliki sebuah pengalaman hidup dari rintangan yang dilaluinya, Kemungkinan terburuk dan terbaik akan menjadi hasil setelah berulang kali mencoba mengalahkan rintangan dalam kehidupan. Untuk itu penulis ingin memetaforakan sebagai evaluasi diri. Karya ini mendiskripsikan sedikit banyaknya edukasi tentang apa itu evaluasi diri, pentingnya evaluasi diri di kehidupan sehari hari untuk menjadikan individu tersebut menjadi lebih baik lagi.

 


References


AS, R. A., & Widiarti, L. (2018). Ikan cupang sebagai metafora dalam karya seni patung abstrak figuratif. Serupa The Journal

Badriya, Yaya. 18. Cabang-cabang seni dan contohnya. Diambil dari: https://ilmuseni.com/dasar-seni/cabangcabang-seni (1 Mai 2021).

Bashory, K. A. (2019). Sedulur papat kalimo pancer sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis. Jurnal Seni Rupa, 7(3)

Brooke, Michael. (1999). The Concrete Wave: History of Skateboarding. Toronto

Fery Andri, A. (2019). Perancangan bukuilustrasi digital painting culinary experience of malang sebagai upaya mendukung potensi kuliner legendaris di kota malang (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang.

Figuratif. Serupa. The Journal of Art Education, 6(2). Warwick Publishing

Guba, E.G & Lincoln, Y.S. (1981). Effective evaluation. San Fransisco : JosseyBass

Novendra, D., Erfahmi, M. S., & Yasrul Sami, S. S. (2017). Gangguan jiwa dalam karya seni lukis realis kontemporer. Serupa The Journal of Art Education, 6(1).

Roni. (2008). Skateboard er. Jakarta. Ripple Magazine Indonesia.

Soedarsono. (1976). Tari-tari Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Kebudayaan.

Sunarto & Suherman. (2017). Apresiasi seni rupa. Yogyakarta: Thafa Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.