PENGGUNAAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SENI LUKIS DEKORATIF SISWA KELAS XI JURUSAN SENI LUKIS SMK NEGERI 4 PADANG

Resti Lidya Nofriyanti(1), Zubaidah Zubaidah(2),
(1) universitas negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.126420

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar seni lukis dekoratif siswa XI jurusan seni lukis menggunakan media canva di SMK Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilalui selama dua siklus. Langkah-langkah dalam proses penelitian tindakan kelas adalah merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan. Yang menjadi subjek penelitian yakni siswa kelas XI jurusan seni lukis SMK Negeri 4 Padang dengan jumlah 12 orang. Lembar observasi dan tes dimanfaatkan dalam pengumpulan data. Alat pengumpulan data yang yang dipakai ialah lembar observasi aktivitas peneliti, lembar observasi kreativitas dan lembar tes hasil belajar. Dari hasil temuan, penggunaan media canva untuk meningkatkan kreativitas belajar seni lukis dekoratif di kelas XI seni lukis SMK Negeri 4 Padang dinyatakan adanya peningkatan. Dapat disimpulkan hasil persentase kreativitas siswa pada Siklus I sejumlah 73,86% kategori “cukup”. Pada Siklus II sejumlah 86,45% yang terkategori “sangat baik”. Dengan begitu, penelitian ini bisa dikatakan mencapai keberhasilan.

 


References


Djamarah, Syaiful, Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Cet 14. Jakarta: Rineka Cipta

Sadiman, Arief S. Dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Wardani, Igak. 2007. Strategi Pembelajaran Sekolah Berstandar Internasional dan Nasional. Jakarta: PT Pustaka Jays.


Article Metrics

 Abstract Views : 52 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.