PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA MATERI GAMBAR MODEL KELAS VIII.8 SMPN 29 PADANG
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.126100
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa materi menggambar model dengan menggunakan media pembelajaran videoscribe. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Class room action research).Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar pra siklus 36% menjadi 79% pada siklus I. Kemampuan peserta didik terus menunjukan peningkatan pada siklus II dengan persentase yang tuntas 94%. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar kelas VIII.8 SMPN 29 Padang.
References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Alsa,A. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Aunurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.
Ensiklopedia. 2016.Video. (http://id.m.wikipedia.orng/wiki/Video).
GroupArsyad, D. A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Khoiruddin, Agung. 2020. 7 Media Pembelajaran Interaktif. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.
Mutia Devita, D., Hakim, R., & Wisdiarman, M. P. (2018). Pengaruh media pembelajaran kartu apresiasi terhadap hasil belajar seni budaya sub bidang studi seni rupa siswa kelas vii smp negeri 3 mandau. Serupa The Journal of Art Education, 6(2).
Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Article Metrics
Abstract Views : 67 timesPDF Downloaded : 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.