QUIZIZZ: MENGGAMBAR BENTUK SISWA SMA BERBASIS KECERDASAN IQ, EQ, SQ MENURUT KONSEP FILSAFAT PENDIDIKAN IBNU SINA

Hadi Alhail(1), Wahyu Lestari(2),
(1) Universitas Negeri Semarang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.125893

Full Text:    Language : id

Abstract


Urgensi pendidikan kini semakin kompleks, karena adanya pengaruh sistem pembelajaran yang hanya berfokus untuk melatih IQ tanpa melatih EQ dan SQ. Dampaknya terhadap berimplikasi secara langsung terhadap citra pendidikan seperti terjadinya peningkatan kasus perundungan dalam dunia pendidikan tahun 2023. Lalu, bagaimana bidang studi seni budaya dalam materi menggambar bentuk dapat berkontribusi mengatasi permasalahan melalui media Quizizz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Desain dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four D models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi empat tahapan yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini diadaptasi hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada proses rancangan ini adalah teknik observasi, check list, dan catat. Teknik tersebut digunakan untuk mengumpulkan data proses pengembangan media pembelajaran inovatif dengan menggunakan Quizizz dalam pembelajaran seni budaya pada topik menggambar bentuk siswa SMA kelas X. Hasil dirancangan dengan 3 tahapan yaitu: 1) Define: membuat cakupan topik materi menggambar bentuk, pengintegrasian materi menggambar bentuk dengan kecerdasan IQ, EQ, dan SQ, serta konsep filsafat pendidikan Ibnu Sina; 2) Design: membuat desain materi menggunakan aplikasi Power Point dengan 20 slide; 3) Develop: pemindahan dan pengembangan materi Power Point menuju Quizizz dengan total 32 slide; dan 4) Output: luaran yang dihasilkan adalah e-book menggambar bentuk dan media Quizizz menggambar bentuk.


References


Agustian, Ary Ginanjar. 2006. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Jakarta: Arga.

Muhammad, Nabilah. 2023. Proporsi Kasus Perundungan di Lingkungan Sekolah (Jan-Juli 2023). Databoks: diakses pada 6 November 2023, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/07/kasus-perundungan-sekolah-paling-banyak-terjadi-di-sd-dan-smp-hingga-agustus-2023

Rahman, Fathur & Wahyuningtyas A. 2023. Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. Journal of Education. Vol 05, No. 02, 2353-2368.

Salamah, E T & Thohir, M A. 2022. Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ, dan EQ Murid pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Modern. Vol 08, No. 1, 59-69.

Sriani. 2015. Urgenci Keseimbangan IQ, EQ, SQ Pendidik dalam Proses Manajemen Pembelajaran. Jurnal Nur El-Islam. Vol 2, No.1, 55-77.

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.


Article Metrics

 Abstract Views : 55 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.