PENCIPTAAN: TAS SERUT-MOTIF ORNAMEN SUMATERA UTARA-IKON ARSITEKTUR KOTA MEDAN-TEKNIK BATIK TULIS

Putri Nurul Azmi(1), Wahyu Tri Atmojo(2),
(1) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(2) Universitas Negeri Medan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.125846

Full Text:    Language : id

Abstract


Pengrajin tas serut yang menggunakan konsep motif ornamen Sumatera Utara yang dikombinasi dengan ikon arsitektur kota Medan masih sedikit. Sekarang tas sudah menjadi kebutuhan dan bagian yang sangat mendekati pada proses kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan motif ornamen Sumatera Utara yang dikombinasi dengan ikon-ikon arsitektur kota Medan dengan teknik batik tulis yang dituangkan ke dalam kain dan hasil jadinya dibuat menjadi tas serut. Karya tulis ini bertujuan untuk membuat motif tas serut yang lebih mengutamakan nilai-nilai ornamen Sumatera Utara dan ikon arsitektur kota Medan menggunakan teknik batik tulis. Metode penelitian yang digunakan adalah penciptaan dan penyajian karya ini dengan mengacu pada tiga tahap penciptaan karya seni yaitu Eksplorasi, Perancangan dan Perwujudan. Hasil dari penciptaan ini adalah karya seni batik tulis yang berjumlah 14 karya yang hasil penelitiannya dijadian sebagai tas serut menggunakan teknik colet dengan bahan pewarna remasol. Penciptaan karya ini memiliki ukuran yang sama serta fungsi yang sama yaitu sebagai alat untuk menampung barang-barang yang cukup ringan. Semua karya yang diciptakan menggunakan motif ornamen Sumatera Utara dan dikombinasi dengan ikon arsitektur kota Medan.


References


Andriyanti, Sofi., Sinaga R., Lubis R. 2022. Aplikasi Ornamen Sumatera Utara Kreasi Kekinian pada Desain Busana Ready-to-Wear dengan Teknik Sablon Printing. Gorga: Jurnal Seni Rupa Vol. 11, No. 1. 26-35.

Atmojo, Wahyu Tri & Misgiya. 2018. Eksplorasi dan Implementasi Ornamen Sumatera Utara dalam Karya Batik. Jurnal: Artchive Vol. 1, No. 1. 1-7.

Nirwana, Aditya & Andito. Tegar. 2018. Eksplorasi Metode Penciptaan Seni Rupa Komunitas Kentjingandjing Melalui Proyek Seni Rupa “Unreasonableness” di Kota Malang di Pelabuhan Pantai Sadeng Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul DIY. Jurnal Studi Budaya Nusantara. Vol 1, No. 1, 55-71.

Pawitro, U. 2012. Perkembangan ‘arsitektur ikonik’ di berbagai belahan dunia. Majalah Ilmiah TRI-DHARMA Kopertis Wilayah IV Jabar & Ban Ten. Bandung: No. 01/Tahun XXV/Agustus 2012, 01.

Redaksi, T. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Supangkat, J & Zaelani, R A. 2006. Ikatan Silang Budaya: Seni Serat Biranul Anas. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).


Article Metrics

 Abstract Views : 57 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.