HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY: KAJIAN ESTETIKA THOMAS AQUINAS PADA KARYA ANDIKA OKY ARISANDI

Hadi Alhail(1),
(1) Universitas Negeri Semarang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.125592

Full Text:    Language : id

Abstract


Meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda dan mampu memberi stimulus pada antisipasi pemuda dalam menjaga identitas negara Indonesia adalah tantangan bersama, melakukan kajian pada karya photography human interest Andika Oky Arisandi merupakan salah satu upaya untuk memberikan pesan dan pemaknaan estetika kepada generasi muda dalam menumbuhkan semangat nasionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, kajian berfokus pada karya human interest photography Andika Oky Arisandi sebagai objek penelitian dan subjek penelitian karya yang filosofis terhadap identitas negara Indonesia dalam 3 cakupan yaitu perjuangan, kesenian dan kebudayaan bangsa Indonesia. Data dikumpulkan melalui kajian dokumen melalui media instagram Andika Oky Arisandi, observasi, dan wawancara tak berstruktur kepada Andika Oky Arisandi. Untuk keabsahan data dilakukan triangulasi. Sampel dengan teknik purposive sampling sejak tahun 2021-2023 dan ditemukan sebanyak 15 sampel. Teknik analisis data menggunakan prosedur kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. .Karya Andika Oky Arisandi bergenre human interest photography dengan mengandung 3 karakteristik utama di dalamnya yaitu: nasionalisme, kesenian dan kebudayaan Indonesia. Melalui pengkajian estetika berdasarkan teori Thomas Aquinas yang menyandang 3 aspek sebagai indikator penentu atas keindahan yaitu: keutuhan, keselarasan, kecemerlangan pada karya Andika Oky Arisandi terdapat 1 karya kurang indah, 3 karya cukup indah, 8 karya indah, dan 3 karya sangat indah.


References


Enrieco, Edward & Herry. 2019. Analisis Human Interest Pada Pameran Foto Karya Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa UBSI. Jakarta: Komunika (Journal of Communication Science and Islamic Da'wah) Vol 3 (1) h. 214-225.

Sugiarto, Eko. 2015. Kajian Interdisiplin dalam Penelitian Pendidikan Seni Rupa: Substansi Kajian dan Implikasi Metodologis. Vol. IX, No. 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik sampai Kontemporer. Jakarta: Gang Kabel dan Indie Book Corner.

Tatarkiewicz, Wladyslaw. 1980. A History of Six Ideas: An Essay in Aesthetics. The Hague: Martinus Nijhoff.

Tim BPS. 2020. Statistik Pemuda Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Wiranata, Aditya Arya. 2016. Karakteristik Foto Human Interest Karya Agus Leonardus Ditinjau Dari Aspek Komposisi. Yogyakarta: UNY.


Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.