ASPEK FEMINIMISME DALAM KELUARGA NELAYAN PADA KARYA SENI GRAFIS CETAK TINGGI

Nadiah Dwi Dwi Saputri(1), Budiwirman Budiwirman(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v12i3.122434

Full Text:    Language : id

Abstract


Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memahami Aspek feminimisme Dalam Keluarga Nelayan yang diangkat berdasarkan pemahaman mengenai lingkungan sekitar Kehidupan Nelayan di Pulau Enggano, terletak di Provinsi Bengkulu Utara. Kemudian pemahaman tersebut dituangkan kedalam karya seni grafis, Teknik cetak tinggi, serta tidak terlepas dari unsur dan prinsip seni rupa. Sehingga dapat menghasilkan 10 karya dengan keindahan dan deskripsi berbeda-beda yang terkandung didalamnya .

Ada beberapa tahapan yang dilaksanakan sesuai dengan metode  digunakan dalam penciptaan karya  yaitu: persiapan merupakan pengamatan terhadap lingkungan dan mempersiapkan alat serta bahan yang digunakan dalam pembuatan karya, Elaborasi merupakan tahap memantapkan pokok gagasan yang bersangkutan dengan judul, Sintetis merupakan tahap pembuatan sketsa, Relasi Konsep merupakan tahap proses berkarya dan Penyelesaian merupakan tahap akhir dalam bekarya.

Deskripsi karya yang terdiri dari 10 karya yang mana setiap karya diberi judul berbeda-beda yaitu mengantarkan kepergian, menunggu kedatangan, berharap, perasaan gembira, khawatir, tidak sesuai harapan, mengeluh, kecemasan, membawa kabar duka dan wanita tangguh. Yang mana karya tersebut akan dipamerkan selama 2 hari, dan melaksanakan dokumentasi, serta pembuatan laporan.


Article Metrics

 Abstract Views : 51 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.