HARIMAU SUMATERA DALAM KARYA SENI GRAFIS

NAVA ALFARIZI(1), Yofita Sandra(2),
(1) UNIVERSITAS NEGERI PADANG  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v12i3.122410

Full Text:    Language : id

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan Harimau Sumatera melalui karya seni grafis. Banyak hal yang menyebabkan harimau sumatera terancam punah, penyebab utamanya adalah perburuan kulit harimau sumatera dan adanya penebangan hutan liar sehingga harimau sumatera kehilangan habitatnya. Hal ini untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melestarikan harimau sumatera agar ekosistem dihutan selalu seimbang.

Metode penciptaan karya ini dilakukan secara bertahap yaitu: Tahap persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep, hingga tahapan penyelesaian atau finishing proses dalam berkarya. Penulis mengangakat harimau sumatera sebagai objek utama yang dijadikan inspirasi dalam berkarya dengan menggunakan teknik cut out stencil print dan cat air akrilik.

Dengan mengangkat tema dalam penciptaan karya Seni Grafis berupa tentang keseimbangan ekosistem lingkungan hidup yang dijadikan objek utama nya kehidupan harimau sumatera yang terjadi di hutan. Sepuluh karya digambarkan dengan ukuran 40 cm x 60 cm dengan media kertas karton dengan judul yang berbeda-beda yaitu:  “bersaing”, “terancam”, “dikuliti”, “kelaparan”, “tertangkap”, “mengintai”, “memangsa”, “tertusuk”, “terjerat”, “tersesat”.

 

Kata kunci: Seni Grafis, Harimau Sumatera


Article Metrics

 Abstract Views : 112 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.