PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATERI GAMBAR MODEL DI MTs N 02 MUKOMUKO

Mia Widia Rahma(1), Yusron Wikarya(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v12i1.120698

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran seni rupa berbasis model pembelajaran project based learning yang valid dan praktis. MetodeĀ  penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974) dengan 4 tahapan yakni define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba dilakukan dengan 2 tahap yakni skala kecil dan skala besar dengan peserta didik kelas VIII MTs N 02 Mukomuko. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket untuk validasi ahli (media, lay out, bahasa, materi) dan angket kepraktisan (pendidik dan peserta didik). Hasil penelitian dengan tingkat validitas modul pembelajaran sebesar 91,4% (sangat valid) dan tingkat praktikalitas modul pembelajaran yang diperoleh dari respon pendidik sebesar 96% (sangat praktis) dan respon peserta didik sebesar 78% (kriteria praktis).


Article Metrics

 Abstract Views : 107 times
 PDF Downloaded : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.