Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Menggambar Model di Kelas VIII.1 SMP Negeri 40 Padang

Febri Andika(1), Zubaidah Zubaidah(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v11i2.117155

Full Text:    Language : indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, permasalahan dalam penelitian adalah kurangnya minat siswa dipembelajaran seni rupa materi menggambar model di kelas VIII.1 SMP Negeri 40 padang. Tujuan dari penelitian tersebut adalah meningkatkan minat siswa dipembelajaran seni rupa pada era new normal melalui metode demonstrasi.  Dari data penelitian memperoleh dengan penerapan metode demonstrasi maka  siswa bisa menumbuhkan minat belajarnya pada pembelajaran seni rupa materi menggambar model dalam kelas VIII.1 SMP Negeri 40 Padang di tahun  2022. Pada prasiklus minat belajar siswa dengan persentase yang diperoleh  senilai 49.1%, sedangkan di siklus I senilai 81,1% dan di siklus II meningkat senilai 92.7%. Dalam prasiklus nilai rata- rata yang didapatkan senilai 56 dan di siklus I rata-rata  siswa terjadi kenaikan 80.31 dan juga mengalami peningkatan di siklus Kedua senilai 87.93. Siswa yang lulus KKM mengalami kenaikan di setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang tuntas KKM berjumlah 5 siswa dengan pesentase siswa senilai 17.24%. Dalam siklus I siswa yang lulus KKM dengan jumlah 19 orang siswa dengan nilai persentase 65.52% dan di siklus II siswa yang lulus KKM jumlahnya 26 orang siswa dan pesentase 89.66%.

Article Metrics

 Abstract Views : 256 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.