Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Terhadap Kemampuan Dimensi Bergotong Royong pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK N Pembina Sungai Rumbai

Ana Novitasari(1), Agus Saputra(2), Lili Ismawati(3),
(1) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia  Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Lili Ismawati, Ana Novitasari, Agus Saputra

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i4.130513

Full Text:    Language : id

Abstract


Pendidikan karakter anak usia dini mencakup penanaman dan pengamalan kebajikan termasuk kerja sama, kejujuran, kasih sayang, disiplin, empati, dan tanggung jawab. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan bakiak terhadap dimensi kemampuan gotong royong anak, khususnya usia 5 - 6 tahun. Penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen merupakan metodologi yang digunakan. Penulis ini menggunakan desain One Shot Case Study. Setelah diberikan perlakuan dengan permainan bakiak, 16 anak sudah menunjukkan tanda-tanda berkembangnya kemampuan bekerjasama satu sama lain, sedangkan 3 anak belum menunjukkan tanda-tanda berkembangnya kemampuan bekerjasama. Analisis uji satu sampel pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil 2-tailed signifikan pada 0,000<0,05 atau kurang dari ambang batas signifikansi, yang menunjukkan diterimanya Ha dan ditolaknya H0. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa TK N Pembina Sungai Rumbai yang berusia antara lima sampai enam tahun mempunyai komponen gotong royong yang dipengaruhi oleh permainan bakiak. Anak-anak belajar tanggung jawab dan kerja tim sambil memainkan permainan tradisional bakiak bersama-sama.


Keywords


permainan tradisonal Bakiak; dimensi bergotong royong; anak usia 5-6 tahun

References


Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

DAN, P., & ABAD, P. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88. https://pdfs.semanticscholar.org/4a6f/6c113bdff39a4c5d5abb33a4ab287459220e.pdf

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Fitroh, S. F., Oktavianingsih, E., & Mahbubah, N. A. (2023). Efektivitas Ronggosukowati Educorner sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Pengetahuan Anak Tentang Batik pada Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1676–1685. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3865

Irfan, P. H., & Sudarman, Y. (2021). Belajar Drum Bagi Anak Usia Dini Di Purwacaraka Music Studio Padang. E-Jurnal Sendratasik, 10(2), 90–98.

Laely, K., & Yudi, D. (2017). Pengaruh Permainan Bakiak Terhadap Peningkatan Kecerdasan Motorik Kasar Anak Usia Dini. University Research Colloquium, 251–258.

Lestari, A. V., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2023). Pengaruh Permainan Bakiak Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. PeTeKa, 6(1), 128–135. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/8964

Lumbantoruan, J., & Naky, A. K. (2021). Analisis Lagu Anak-Anak Ciptaan A . T . Mahmud. Jurnal Sendratasik, 10(3), 129–136.

Melia Novita, I. dan A. T. N. (2021). Pengembangan Alat Permainan Tradisional Bakiak Untuk Menstimulasi Motorik Kasar Anak di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 7.

Novita Sari, A. (2023). Pengembangan Permainan Dadu Huruf Pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 484–491. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1043

Novitasari, A. (2024). Pengembangan Video Gerakan Tari Panen pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK N 01 Sitiung Developing a Video of Harvest Dance Movements in the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students at TK N 01 Sitiung. 13, 83–92.

Nurhasanah, Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Mitra Ash-Shibyan : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158

Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). Penerapan permainan tradisional Bakiak Ular Tangga untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Golden Age, 5(2), 1–14.

Ridhwan, M., Surya, E., & Andalia, N. (2023). Permainan Tradisional untuk Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 76. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52451

Salam, F., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n.d.). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA DI HOMESCHOOLING.

Suci Amalia, S. I., & Asriati, A. (2021). Manajemen Sanggar Seni Lakon Gerak Minang Di Nagari Baringin Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Sendratasik, 10(2), 10. https://doi.org/10.24036/jsu.v1i1.112011

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Aura Publishing, 1–260.


Article Metrics

 Abstract Views : 38 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lili Ismawati, Ana Novitasari, Agus Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.