Repertoar Asturias for Orchestra, Suite fur Gitarre Op.19 Koyunbaba, Selayang Pandang, Medley of Blackpink Songs dalam Pertunjukan Solis Gitar

Trisna Rahmawati Zebua(1), Yusnelli Yusnelli(2), Anton Kustilo(3),
(1) Jurusan Seni Musik, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia  Indonesia
(2) Jurusan Seni Musik, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia  Indonesia
(3) Jurusan Seni Musik, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Trisna Rahmawati Zebua

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i3.130219

Full Text:    Language : id; en

Abstract


Pertunjukan Solis Gitar Klasik dari berbagai zaman dengan membawakan 4 repertoar yang berbeda bertujuan untuk menyampaikan setiap pesan musikal dari para komposer karya kepada audiens dengan mengutamakan interpretasi karya, tanpa meninggalkan unsur teknik dan unsur musikal lainnya. Metode pertunjukan yang digunakan penyaji adalah melakukan persiapan baik itu dalam penentuan karya maupun proses latihan, hingga tercapainya proses pertunjukan yang dilaksanakan pada hari yang telah ditentukan. Teori yang digunakan dalam pertunjukan ini adalah teori interpretasi dan beberapa etude-etude yang mendukung karya yang dipertunjukan. Adapun hasil dari pertunjukan ini yaitu terlaksananya pertunjukan pada hari yang telah ditentukan dengan membawakan keempat repertoar dari zaman yang berbeda, dimana sesuai dengan kaidah konveksional, baik dari segi interpretasi maupun dari segi rancangan pertunjukan. Melalui pertunjukan ini, penyaji dapat membawakan keempat repertoar sesuai dengan apa yang komposer karya inginkan, serta dapat menyelesaikan studi di Institut Seni Indonesia Padangpanjang dengan hasil yang memuaskan.

 

The performance of Classical Guitar Soloists from various eras by performing 4 different repertoires aims to convey each musical message from the composers to the audience by prioritizing the interpretation of the work, without neglecting technical and other musical elements. The performance method that used by presenter is to make preparations both in determining the work and in the rehearsal process, until the performance process is achieved which will be held on the appointed day. The theory used in this performance is the theory of interpretation and several etudes that support the performance. The result of this performance is that the performance is carried out on the appointed day by presenting four repertoires from different eras, which are in accordance with conventional rules, both in terms of interpretation and in terms of performance design. Through this performance, the presenter can perform the four repertoires according to what the composer of the work wanted, and can complete her studies at the Institut Seni Indonesia Padangpanjang with satisfactory results.


Keywords


Pertunjukan; Repertoar; Gitar Klasik; Solis

References


Aji, P., Alfiah Akbar, M., Jayantoro, S., Koresponden, P., kunci Analisis Penciptaan Musik Penyajian Musik Gitar Klasik Paris Steven Dwi Hansen, K., & Dwi Hansen, S. (2024). Analisis Penciptaan Dan Penyajian Musik Komposisi Paris (Waltz) Pada Instrumen Gitar Karya Steven Dwi Hansen. 18(1), 10–18. https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA

Art Society, P. (1984). International Drum Rudiments. 127 E M Street. International Drum Rudiments - Percussive Arts Society (pas.org).

Batara, T. A. A. (2020). Penerapan Komunikasi Musikal Pembelajaran Ansambel Gitar Klasik di Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/8917/

Carcassi, M. (1836). 25 Etudes Melodiques Op.60 Compositions Guitare.

Domeniconi, C. (2023). Masterclass Koyunbaba. Youtube. https://youtube.com/playlistlist=PLwKs83kNph_otO3c7RDQwlU3IiXIfZ9Vs&si=1wM0I7Cwctmhn5n0

Fahri, A. (2022). Seni Pertunjukan: Pengertian, Fungsi, Unsur dan Jenisnya. Ames Boston. https://www.amesbostonhotel.com/seni-pertunjukan/

Fraser, A. (2023). Barre Chords Made Easy: Technique, Tips & Exercises for Beginners. Guitar Insideout.

Göran Hermerén. (1993). The Full Voic’d Quire: Types of Interpretations of Music. Oxford Scholarship Online. https://academic.oup.com/book/50199/chapter-abstract/422029967?redirectedFrom=fulltext&login=false

Ibrahim, M., & Handra Kadir, T. (2022). Analisis Teknik Permainan Gitar Klasik Karya Frederich Chopin: Nocturne In E-Flat Major Op.9 No.2. Jurnal Sendratasik, 11(1), 119. https://doi.org/10.24036/js.v11i1.116243

Identitas, S., & Pertunjukan, D. (2023). SWARA : Jurnal Antologi Pendidikan Musik Swag Sebagai Identitas Girl Group Blackpink Dalam Pertunjukan. 2(April 2022), 47–68.

IQBAL, I. (2021). Penyajian Solis Gitar Klasik Dengan Repertoar Suite Op. 19 Koyunbaba Dan Joget Hitam Manis. Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan, 7(2), 142. https://doi.org/10.26887/lg.v7i2.2081

Marianto, A., & Maestro, E. (2020). Analisis Komposisi Adelita Karya Francisco Tarrega. Jurnal Sendratasik, 10(1), 315. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i2.110564

Mustika, R. (2022). Pertunjukan Solis Gitar Dengan Repertoar Asturias, Joget Hitam Manis, Tears Of An Angel. ISI Padang Panjang.

Rosidah, S., Barhoya, A., & Rosi, R. (2018). Analisis Makna Pantun Pada Lirik Lagu “Selayang Pandang” Karya Lily Suhairy Dan Hamiedhan Ac. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 999–1004.

Simamora, S. destri. (2023). Pagelaran Solis Piano Dengan Iringan Orkestra dan Ensambel Dengan Repertoar Summertime, Sonata II in A Major, dan Selayang Pandang. ISI Padang Panjang.

Singgih Sanjaya, R. M. (2013). Metode Lima Langkah Aransemen Musik. Promusika, 1, 33–49. https://doi.org/10.24821/promusika.v0i0.538

Thomas, J. P., & Carr, B. A. (2023). Musical Performance. Britannica. https://www.britannica.com/art/musical-performance

Tohir, M. (2013). Membangun Suasana Melalui Tata Cahaya Pada Panggung Pertunjukan. ATRAT : Jurnal Seni Rupa, 1, 62–76.

Walidaini, B., & S.A., S. (2019). The meaning of the Koyunbaba song (Suite Für Gitarre Op.19) in Carlo Domeniconi’s work (1st Editio). Taylor & Francis Group.

Wirayudha, A. H. (2022). Peran Emosi dalam Interpretasi Musikal Musisi untuk Meningkatkan Kinerja Estetis: Studi Kasus Pada Pemain Cello dan Gitar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 23(2), 117–127. https://doi.org/10.24821/resital.v23i2.5075


Article Metrics

 Abstract Views : 31 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trisna Rahmawati Zebua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.