Penerapan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya (Vokal) di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Muhammad Fachrurozi Aliva(1), Esy Maestro(2),
(1) Prodi Pendidikan Sendratasik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Muhammad Fachrurozi Aliva

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i1.128137

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana aplikasi Tiktok diterapkan pada pembelajaran seni budaya (vokal)  bernyanyi di Kelas X.B SMA Pembangunan Laboratorium UNP dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum merdeka. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif sebagai metodologinya. Peneliti melakukan penelitian yang dibantu oleh alat tulis, kamera, laptop dan telepon genggam. Teknik pengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penulis adalah Mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengklarifikasikan, menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak berpedoman kepada modul dan guru menyesuaikan dengan situasi dan kondisi siwa. Namun, jika dikaji berdasarkan kurikulum, guru tidak merencanakan dan melaksanaakan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka, dan guru juga tidak berpegang teguh kepada enam profil pelajar pancasila, terkhusus pada profil mandiri dan kreatif. Guru tidak memberikan ruang kepada siswa untuk memilih lagunya sendiri dari awal pertemuan, itu membuat sisi mandiri dan kreatif dari siswa tidak terasah dengan baik. Kemudian guru melewatkan satu proses penting pada rangkaian teknis pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, yaitu asesmen sumatif, guru tidak melaksanakan remedial ataupun pengayaan terhadap hasil pembelajaran siswa. Jadi bisa dikatakan bahwa guru menjalani pembelajaran seperti menggunakan kurikulum K13.

 

The objective of this study is to identify and explain how the application of ticking is applied to learning the art of cultural (vocal) singing in Class X.B High School Development Laboratory UNP is implemented using an independent curriculum. The research is qualitative and uses a descriptive approach as its methodology. The researchers conducted research with the help of writing devices, cameras, laptops and handheld phones. Data collection techniques by means of observations, interviews, and documentation. Then the authors' data analysis techniques are gathering, classifying, clarifying, analysing, describing, and concluding data. The results of the research show that teachers do not direct to the modules and teachers adapt to the situation and conditions of life. However, if taught based on the curriculum, teachers do not plan and implement learning according to the independent curricula, and teachers also do not stick to the six Pancasila student profiles, specifically on the self-reliant and creative profile. The teacher did not give the student space to choose his own song from the beginning of the meeting, it made the independent and creative side of the student not well understood. Then the teacher misses an important process on the independent curriculum-based technical learning network, namely sumative assessment, the teacher does not perform remedial or enrichment of the student's learning outcomes. So it can be said that the teacher undergoes learning like using the K13 Curriculum.


Keywords


Pembelajaran; Seni Budaya; Tiktok; Vokal

References


Abdul Muhid. (2021). HEUTAGOGI Memerdekakan Mahasiswa Belajar di Era Revolusi Digital. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1718/

Aghni, R. I. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Almaidah Bahri, C. M. D. Y. H. S. F. A. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505

Ayuningtyas, F., Cahyani, I. P., & Purabaya, R. H. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial Tiktok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i1.2326

Candani, F., & Indrayuda, I. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Dengan Metode Cooperative Learning Di Kelas Viii.4 Smp N 17 Padang. Jurnal Sendratasik, 8(1), 64. https://doi.org/10.24036/jsu.v8i1.106524

Firmadani, F. (2020, February 13). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084

Hidayat, H. A., Syeilendra, S., Marzam, M., & Hakim, U. (2023). Minangkabau Traditional Music Practice Learning Strategies; Student Competency Achievement In The Impact Of Pandemic. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/gondang.v7i1.46826

Julianto, I. R. (2022). POTENSI APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Metamorfosa2, 11(1), 71–82. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v11i1.2065

Karami, V. E., Rachmayanti, U. Y., & Rif’ah, I. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS AUDIO VISUAL (YOUTUBE DAN TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Karami | International Conference of Students on Arabic Language. https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/810

MUNTAHA, M. A. (2023). Penggunaan Konten Tik-Tok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 6 Sd N 3 Temuwuh, Dlingo, Dlingo, Bantul.

Murtado, D., Putu, I., Dharma Hita, A., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Haqiqi Ma’mun, A., & Daud Yahya, M. (n.d.). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 06(01), 35–47.

MURYADI, A. D. (2017). MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1). Retrieved from https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538

Nasobandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif. INTELEKTIUM, 3(2). https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1071

Nasya Putri, S. (2022). TIKTOK (ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DI KALANGAN MAHASISWA).

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Oktariani, D. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI TRADISI NUSANTARA PADA REMAJA. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 907. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.64172

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021a). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021b). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Safitri, Indrayuda, Astuti, F. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tari di SMK Negeri 3 Padang. 4(1), 1–23.

Tiara Hutamy, E., Naila Quin Azisah Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan Pendidikan Ekonomi, M., Ekonomi dan Bisnis, F., Negeri Makassar, U., & Pettarani Makassar, J. A. (2021). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.

Widianto, E. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641


Article Metrics

 Abstract Views : 156 times
 PDF Downloaded : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Fachrurozi Aliva

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.