A MODEL OF INTEGRATED ASSESSMENT FOR STRUCTURE I SUBJECT AT UNIVERSITY LEVEL
Abstract
Pembelajaran tatabahasa (gramatika) bahasa Inggris pada semua tingkat pendidikan di Indonesia harus mendapat perhatian dan pelaksanaan yang baik. Di samping statusnya sebagai bahasa asing, fitur-fitur gramatikal dan sifat-perilaku ketatabahasaan bahasa Inggris sangat berbeda dari yang ada dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah lain yang menjadi bahasa ibu pembelajar. Salah satu bagian proses pembelajaran tatabahasa bahasa Inggris yang penting mendapat perhatian adalah asesmen; asesmen yang baik dan sesuai akan membantu pembelajar untuk memahami fitur-fitur gramatikal dan pemakaiannya untuk empat keterampilan berbahasa secara komunikatif. Asesmen pembelajaran tatabahasa yang baik dan sesuai menjadi semakin lebih penting untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris karena mereka akan menjadi (calon) guru bahasa Inggris sekolah dasar dan menengah. Makalah, yang dikembangkan dari sebagian hasil penelitian untuk disertasi doktor, ini membahas sebuah model asesmen tatabahasa terintegrasi yang cocok dan baik digunakan untuk matakuliah Structure I pada tingkat perguruan tinggi. Data dan informasi terkait yang disajikan pada makalah ini didasarkan pada penelitian pendidikan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Analisis data menunjukkan bahwa model asesmen tatabahasa terintegrasi (an integrated model of structure assessment) dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menulis kalimat dengan tatabahasa yang benar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bachman, Lyle dan Palmer, Adrian. 2010. Language Assessment in Practice: Developing Language Assessment and Justifying Their Use in the Real World. Oxford: Oxford University Press.
Bianco, Joseph Lo. 2010. “Language Policy and Planning” dalam Hornberger, Nancy H. dan McKay, Sandra Lee (eds.). Sociolinguistics and Language Education. Bristol: Multilingual Matters.
Biggs, J.B. (1989) ‘Approaches to the enhancement of tertiary teaching’, Higher Education Research and Development No. 8, hal. 7-25.
Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. 1979. Educational Research: An Introduction. Third Edition. New York: Longman, Inc.
Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. (Second Edition). New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Brown, H. Douglas & Abeywickrama, Priyanvada. 2010. Language Assessment: Principles and Classroom Practice. (Second Edition). New York: Pearson Education, Inc.
Chalker, Sylvia. 1994. “Pedagogical Structure.” dalam Bygate, Martin., Tonkyn, Alan., dan Williams, Eddie (eds.). Grammar and the Language Teacher. New York: Prentice Hall.
Gay, L.R., Mill, Geoffrey E., & Airasian, Peter. 2009. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. New Jersey: Pearson.
Hornberger, Nancy H. dan McKay, Sandra Lee (eds.). Sociolinguistics and Language Education. Bristol: Multilingual Matters.
Johnson, David W. dan Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment: A manageable and Cooperative Process. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Johnson, Karen E. 2009. Second Language Teacher Education: A Sociocultural Perspective. New York: Routledge.
Jufrizal., Isyam, Amri., & Sari, Rima Andriani. 2009. Masalah dan Kesulitan Pengajaran dan Pembelajaran Tense dan Aspect Bahasa Inggris di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. (Laporan Penelitian). Padang: Universitas Negeri Padang.
Jufrizal. 2010. “Simple and Complex Tenses in English: What should We Do with Them?” (Makalah disajikan pada the Second International Conference on Teaching English as a Foreign Language Tanggal 1-2 Mei 2010). Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Kamwangamalu, Nkonko M. 2010. “Multilingualism and Codeswitching in Education” dalam Hornberger, Nancy H. dan McKay, Sandra Lee (eds.). Sociolinguistics and Language Education. Bristol: Multilingual Matters.
Kumaravadivelu, B. 2008. Understanding Language Teaching: From Method to Post Method. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Lyons, John. 1987. Introduction to Theoretical Linguistics. Cambridge: Cambridge University Press.
Lyons, John. 1990. Semantics. (Volume 2). Cambridge: Cambridge University Press.
Mckay, Sandra Lee. 2010. “English as an International Language” dalam Hornberger, Nancy H. dan McKay, Sandra Lee (eds.). Sociolinguistics and Language Education. Bristol: Multilingual Matters.
Nitko, Anthony J. 1996. Educational Assessment of Students. Second Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Odlin, Terence. 1994. “Introduction” dalam Odlin, Terence (ed.). Perspectives on Pedagogical Grammar. Cambridge: Cambridge University Press.
Purpura, James E. 2004. Assessing Grammar. Cambridge: Cambridge University Press.
Refnita, Lely. 2007. Keefektifan Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pengantar Perkuliahan Gramatika Bahasa Inggris: Studi pada Matakuliah Structure III. (Laporan Penelitian). Padang: Universitas Bung Hatta.
Saeed, John L. 1997. Semantics. Oxford: Blackwell Publishers Ltd.
Song, Jae Jung. 2001. Linguistic Typology: Morphology and Syntax. Singapore: Pearson Education Asia Ltd.
Steinberg, Danny D., Nagata, Hiroshi., dan Aline, David P. 2001. Psycholinguistics: Language, Mind and World. (Second ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
Stern, H. H. 1994. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Swan, Michael. 1994. “Design Criteria for Pedagogic Language Rules” dalam Bygate, Martin., Tonkyn, Alan., & Williams, Eddie (eds.).
Grammar and the Language Teacher. New York: Prentice Hall.
Syarif, Hermawati. 2003. “Optimalisasi Pembelajaran Structure Bahasa Inggris Siswa SMU Negeri 4 Padang melalui Teknik EGI”. Jurnal Komposisi. Vol 4. No. 1.
Thornbury, Scott. 2008. How to Teach Grammar. Essex: Pearson Education Limited.
Tonkyn, Alan. 1994. “Introduction: Structure and the Language Teacher” dalam Bygate, Martin., Tonkyn, Alan., dan Williams, Eddie (eds.). Grammar and the Language Teacher. New York: Prentice Hall.
Williams, Eddie. 1994. “English Grammar and the Views of English Teacher” dalam Bygate, Martin., Tonkyn, Alan., & Williams, Eddie (eds.). Grammar and the Language Teacher. New York: Prentice Hall
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang
This Proceedings is Currently indexed by:
The Proceedings of International Seminar on English Language and Teaching is registered at LIPI