Terapi Kelompok untuk Mengurangi Stres Anak Didik Pemasyarakatan yang Akan Bebas

Prima Aulia(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Jurnal RAP

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v8i1.7953

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas terapi kelompok untuk
mengurangi stress anak didik pemasyarakatan yang akan bebas. Penelitian ini melibatkan
10 orang anakyang dibagimenjadi 2 kelompok, pemilihan dan penempatannya dilakukan
secara acak. Desain penelitian ini adalah pretest postest group control. Pengumpulan data
menggunakan Perceived Stress Scale terdiri dari14 aitem dengan koefisien alpha sebesar
(α) 0,72. Pengujian hipotesis menggunakan T-test dengan taraf signifikansi sebesar 0,006.
Hasilnya adalah terapi kelompok efektif untuk menurunkan stres anak didik
pemasyarakatan yang akan bebas.


Keywords


Terapi kelompok, stres dan anak didik pemasyarakatan

Article Metrics

 Abstract Views : 789 times
 PDF Downloaded : 930 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal RAP