PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI

Ulfy Marsyah(1), Yuli Aslamawati(2), Temi Damayanti Djamhoer(3),
(1) Universitas Islam Bandung  Indonesia
(2) Universitas Islam Bandung  Indonesia
(3) Universitas Islam Bandung  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Ulfy Marsyah

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v15i1.126653

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstrak: Efektifitas Intervensi Pelatihan Self-Regulated Learning dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku menunda-nunda tugas dikalangan mahasiswa yang umum terjadi. Prokrastinasi akademik yang timbul berkaitan dengan penulisan skripsi sering kali dialami oleh para mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan skripsi. Hal ini menyebabkan mahasiswa kesulitan mengerjakan tugas dengan baik, mendapat peringatan dari dosen dan menghambat kelulusan. Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas dari intervensi pelatihan self-regulated learning dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi di Universitas X. Penelitian ini menggunakan the non-equivalent control group dengan jumlah 30 subjek, 15 orang pada kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok control. Hasil penelitian menunjukan pelatihan self-regulated learning efektif mereduksi tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa sebesar -15%. Hal ini juga terlihat dari hasil uji Paired Sample T-Test 0,000 < 0,05 yang artinya adanya perbedaan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan pelatihan, dan uji Independent Sample T Test 0,00 < 0,05 yang artinya adanya perbedaan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu pada kelompok eksperimen yang diberikan pelatihan terjadi penurunan prokrastinasi sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan pelatihan terjadi peningkatan pada prokrastinasi akademik.

Keywords


Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

References


DAFTAR RUJUKAN

Ahmad, A., Mappeasse, M. Y., & Ruslan. (2021). Prokrastinasi Akademik dalam Menulis Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, P–ISSN 2656-1247 and E-ISSN 2715-5919

Burhan, M. N., & Herman. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Social Landscape Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 123-4567

Ferrari, J. R., Jonhson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance - theory, research, and treatment. New York: Plenum Press

Grunschel, Carola. et al. (2018). “I’ll stop procrastinating now!” Fostering specific processes of self-regulated learning to reduce academic procrastination. Journal of Prevention & Intervention in the Community, 143-157.

Kirana, Aulia. et al. (2016). Intervensi Pelatihan Self-Regulated Learning dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa (Studi pada Siswa SMPN “X” di Jakarta Barat). Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 20 - 36.

Lukman, A. V., & Magistarina, E. (2022). Tingkat Prokrastinasi Mahasiswa Semester 7 Di Universitas Negeri Padang. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, Volume 5, Issue 1.

Perta, P.P & Mudjiran. (2018). Hubungan Intensitas Mengakses Jejaring Sosial dengan Tingkat Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Skripsi.

Pintrich, P.R.(2004). A conceptual framework for assesing motivation and self-regulated learn in college students. Educational Psychology Review,16, 4386-407.

Purnama, S. S., & Muis, T. (2017). Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik ) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Surabaya. Jurnal UNESA

Rahmanillah, N. R., & Qomariyah, N. (2018). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bekerja. Jurnal Psikologi, Volume 11 No.2.

Rumate, F.A. (2005). Strategi kognitif dalam pembelajaran(pelatihan singkat penyusunan kontrak perkuliahan dan bahan ajar bagi staf pengajar ptn kawasan timur indonesia). Dirjen DIKTI bagian peningkatan kualitas SDM.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. In Psychological Bulletin (Vol. 133, Issue 1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.CV

Ulum, M. I. (2016). Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrasinasi akademik siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2),153-170.

Vahedi, S., mostafafi, F., & Mortazanad, H. (2009). Self-Regulation and Dimensions of Parenting Styles Predict Psychological Procrastination of Undergraduate Students. Iran J Psychiatry , 147-154 .


Article Metrics

 Abstract Views : 96 times
 PDF Downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulfy Marsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.