PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI
(1) Universitas Islam Bandung  Indonesia
(2) Universitas Islam Bandung  Indonesia
(3) Universitas Islam Bandung  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Ulfy Marsyah
DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v15i1.126653
Full Text: Language : id
Abstract
Keywords
References
DAFTAR RUJUKAN
Ahmad, A., Mappeasse, M. Y., & Ruslan. (2021). Prokrastinasi Akademik dalam Menulis Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, P–ISSN 2656-1247 and E-ISSN 2715-5919
Burhan, M. N., & Herman. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Social Landscape Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 123-4567
Ferrari, J. R., Jonhson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance - theory, research, and treatment. New York: Plenum Press
Grunschel, Carola. et al. (2018). “I’ll stop procrastinating now!” Fostering specific processes of self-regulated learning to reduce academic procrastination. Journal of Prevention & Intervention in the Community, 143-157.
Kirana, Aulia. et al. (2016). Intervensi Pelatihan Self-Regulated Learning dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa (Studi pada Siswa SMPN “X” di Jakarta Barat). Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 20 - 36.
Lukman, A. V., & Magistarina, E. (2022). Tingkat Prokrastinasi Mahasiswa Semester 7 Di Universitas Negeri Padang. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, Volume 5, Issue 1.
Perta, P.P & Mudjiran. (2018). Hubungan Intensitas Mengakses Jejaring Sosial dengan Tingkat Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Skripsi.
Pintrich, P.R.(2004). A conceptual framework for assesing motivation and self-regulated learn in college students. Educational Psychology Review,16, 4386-407.
Purnama, S. S., & Muis, T. (2017). Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik ) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Surabaya. Jurnal UNESA
Rahmanillah, N. R., & Qomariyah, N. (2018). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bekerja. Jurnal Psikologi, Volume 11 No.2.
Rumate, F.A. (2005). Strategi kognitif dalam pembelajaran(pelatihan singkat penyusunan kontrak perkuliahan dan bahan ajar bagi staf pengajar ptn kawasan timur indonesia). Dirjen DIKTI bagian peningkatan kualitas SDM.
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. In Psychological Bulletin (Vol. 133, Issue 1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.CV
Ulum, M. I. (2016). Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrasinasi akademik siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2),153-170.
Vahedi, S., mostafafi, F., & Mortazanad, H. (2009). Self-Regulation and Dimensions of Parenting Styles Predict Psychological Procrastination of Undergraduate Students. Iran J Psychiatry , 147-154 .
Article Metrics
Abstract Views : 97 timesPDF Downloaded : 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ulfy Marsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.