DAMPAK KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMK

Deska Fitria(1), Muhamad Uyun(2),
(1) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Deska Fitria, Muhamad Uyun

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v14i2.126142

Abstract


Dukungan  keluarga sangat di butuhkan dalam  perencanaan dan pemilihan karir siswa karena dengan adanya dukungan orang terdekat siswa akan memiliki keyakinan  lebih tinggi dalam  merencanakan dan memustukan karir yang akan di pilihnya. Siswa yang memperoleh dukungan lebih dari keluarganya kemungkinan besar akan dapat merencanakan dan menentukan pilihan  karir secara matang di banding siswa yang tidak memperoleh dukungan dari keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara konsep diri dan dukungan keluarga dalam  perencanaan  karir pada siswa. Sampel penelitian ini adalah 126 orang siswa kelas XII SMK Negeri 1 Keluang. Hasil hipotesis yang didapatkan, H1 ditolak dengan nilai sig 0,618 >0.05 dan nilai t hitung 0.500<  t tabel 1.979, dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh antara konsep diri dan perencanaan karir. H2 diterima dengan nilai sig 0.005<0.05 dan  nilai t hitung 2.857> t tabel 1.979, dapat diartikan terdapat pengaruh antara dukungan keluarga dan perencanaan karir. Selanjutnya H3 diterima dengan nilai 0.017>0.05 dan nilai f hitung 4228>3.07. dapat disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri dan dukungan keluarga terhadap perencanaan karir siswa

Keywords


konsep diri, dukungan keluarga, perencanaan karir, siswa

References


Ahla, Setyawan, & Siswanto. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga dengan KemampuanBahasa Ekspresif Anak Usia Prasekolahdi Raudhathul Athfal Bina Anaprasa Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal pendidikan tambusai.6(2).https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4655

Biagi & Uyun. (2023). Konsep diri, optimisme, dan kepercayaan diri pada Siswa SMA Negeri 3 Palembang. Motiva,jurnal psikologi, 6(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i1.6731

Farah, Suharsono, & Prasetyaningrum. (2019). Konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa sma. Jurnal ilmiah dan psikologi terapan 7(2). https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.8243

Firmansyah & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal IlmiahPendidikan Holistik(JIPH),1. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/article/view/937/743

Junita, Said, & Ardi. (2020). The Relationship of Parental Social Support to Student Career Planning. jurnal neo konseling 2(1). file:///C:/Users/muba/Downloads/251-301-2-PB.pdf

Kasman & Ali. (2022). Literature review factors affecting decision making and career planning: environment, experience and skill. Dinasti International Journal of Digital Business Management 3(2). https://doi.org/10.31933/dijdbm.v3i2.1121

Kurniawan, Dewinda, & Irdam. (Tahun2022). Pembekalan perencanaan karir bagi calon wisudawan di bidang psikologi industri dan organisasi. Jurnal pengabdian masyarakat 3(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5746

Lugu & Laoli. (2023). Hubungan Konsep diri dengan Perencanaan karir peserta didik di SMK Negeri 1 Gunungsitoli. ndo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2). https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/282

Mandriasih & Iqbal. (2019). Pengaruh perencanaan karir terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi dimediasi oleh pengembangan karir. Scientific journal of management & business 3(1). https://doi.org/10.22441/indikator.v3i1.5159

Mangera, Haniarti, & Rusman. (2019). Hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi di RSUD Andi Makkasau kota Parepare. Jurnal ilmiah dan ilmu kesehatan 2(3). https://doi.org/10.31850/makes.v2i3.183

Nasution. (2019). Perencanaan Karir Mahasiswa Setelah Wisuda. Consilium berkala kajian konseling dan ilmu 6(1). file:///C:/Users/muba/Downloads/4736-11794-3-PB.pdf

Pratama, Sasferi, & Kholidin. (2022). Peran Kondisi Sosio-Ekonomi Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4. DOI: https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i1.1253

Purnawan, Suyati, & Lestari. (2023). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perencanaan karir siswa kelas viii smp negeri 2 wanayasa. Psikoedukasia, 1(1). file:///C:/Users/muba/Downloads/02.+Lutfu+Faris+17+-33.pdf

Sari, Neviyarni, & Idamurni. (2019). Pengembangan kreativitas dan konsep diri anak SD. Jurnal riset pendidikan dasar 7(1). https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3984

Nicholls. (2019). Going beyond a tale of two sectors: a reflective career planning toolkit for social work students. Social work education. 39(2). https://doi.org/10.1080/02615479.2019.1618259

Siregar, Prabawanto, Mujib, & Rangkuti. (2020). Faktor dukungan keluarga dalam mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan pendidikan matematika di iain padangsidimpuan. Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika 6(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9196

Solihatun, Lestari, Folastri, & Ratnasari. (2020). Kontribusi Konsep Diri terhadap Perencanaan Arah karir Siswa. Indonesian journal of guidance and counseling : Theory and application 9(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.38900

Ulfa. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Jurnal pendidikan dan keislaman 1(1).

Widyasari, Aryani, & Sinring. (2023). Pengembangan E-Modul Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Bulukumba. 3(4). file:///C:/Users/muba/Downloads/48138-121319-1-PB.pdf

Yuliya. (2019). Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja. psikoborneo, 7(2). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4780

Yunani, Sumarto, & Yeni. (2021). Peran konsep diri terhadap perencanaan dan kematangan karir siswa-siswi smk. Consilia: jurnal ilmiah dan konseling.4(3). https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.216-226


Article Metrics

 Abstract Views : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deska Fitria, Muhamad Uyun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.