Abstract
Dukungan keluarga sangat di butuhkan dalam perencanaan dan pemilihan karir siswa karena dengan adanya dukungan orang terdekat siswa akan memiliki keyakinan lebih tinggi dalam merencanakan dan memustukan karir yang akan di pilihnya. Siswa yang memperoleh dukungan lebih dari keluarganya kemungkinan besar akan dapat merencanakan dan menentukan pilihan karir secara matang di banding siswa yang tidak memperoleh dukungan dari keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara konsep diri dan dukungan keluarga dalam perencanaan karir pada siswa. Sampel penelitian ini adalah 126 orang siswa kelas XII SMK Negeri 1 Keluang. Hasil hipotesis yang didapatkan, H1 ditolak dengan nilai sig 0,618 >0.05 dan nilai t hitung 0.500< t tabel 1.979, dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh antara konsep diri dan perencanaan karir. H2 diterima dengan nilai sig 0.005<0.05 dan nilai t hitung 2.857> t tabel 1.979, dapat diartikan terdapat pengaruh antara dukungan keluarga dan perencanaan karir. Selanjutnya H3 diterima dengan nilai 0.017>0.05 dan nilai f hitung 4228>3.07. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri dan dukungan keluarga terhadap perencanaan karir siswa
Keywords
konsep diri, dukungan keluarga, perencanaan karir, siswa