Pengaruh Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Diri dalam Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Nganjuk: Pendekatan Quasi Eksperimen

Nurfi Laili(1), Ghozali Rusyid Affandi(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Nurfi Laili, Ghozali Rusyid Affandi

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v14i2.124472

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan yang terkait dengan regulasi diri akademik pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk ditunjukkan dengan banyaknya jumlah siswa yang tidak hadir atau bolos dalam proses belajar mengajar hingga lebih dari dua puluh kali dalam satu semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting pada peningkatan kemampuan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang bersekolah di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, sebanyak 42 siswa. Subjek terbagi ke dalam kelompok kontrol sebanyak 22 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa. Metode penelitian kali ini adalah menggunakan pendekatan quasi eksperimen yang membandingkan data pretest dan postest pada kelompok kontrol dan eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala self regulated learning yang dikembangkan peneliti. Analisis data penelitian menggunakan analisis uji perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perbedaan nilai rerata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen diterima, dan terjadi peningkatan yang signifikan self regulated learning sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk


Keywords


Pelatihan Goal Setting; Self Regulated Learning; Siswa SMK

References


Alhadi, S., & Supriyanto, A. (2017). Self-Regulated Learning Concept: Student Learning Progress. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Universitas Ahmad Dahlan, 333–442.

Boekaerts, M. (1999). Self-regulated learning: Where we are today. International Journal of Educational Research, 31(6), 445–457. https://doi.org/10.1016/S0883-0355(99)00014-2

Chang. (2018). Using E-Portfolio for Learning Goal Setting to Facilitate Self-Regulated Learning of High School Students. Behaviour & Information Technology, 1–15. https://doi.org/10.1080/014492 9X.2018.1496275

Dignath, C., & Büttner, G. (2018). Teachers ’ Direct and Indirect Promotion of SelfRegulated Learning in Primary and Secondary School Mathematics Classes – Insights from Video-Based Classroom Observations and Teacher Interviews. Metacognition Learning.

Gunarsa, S. (2002). Psikologi untuk Membimbing. BPK Gunung Mulia.

Hemasti, R. A. G. (2020). Hubungan Antara Belajar Berdasar Regulasi Diri dengan Sikap Terhadap Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas XI SMA Mardisiswa Semarang. Psychophedia, 4(2), 31–37.

Houten-schat, Berkhout, J. J., & Van Dijk, N. (2018). Self-Regulated Learning in the Clinical Context: A Systematic Review. Medical Education, 52, 15.

Panadero, E. (2017). A Review of Self-Regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. Frontiers Psychology, 8, 1–28.

Panadero, E., Andrade, H., & Brookhart, S. (2018). Fusing Self-Regulated Learning and Formative Assessment: A Roadmap of Where We Are , How We Got Here , and Where We Are Going. The Australian Educational Researcher. https://doi.org/10.1007/s13384- 018-0258-y

Pintrich, P. R. (2000). An Achievement Goal Theory Perspective on Issues in Motivation Terminology, Theory, and Research. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 92–104. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1017

Pratama, Y., Daryati, D., & Arthur, R. (2018). Hubungan Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Cibinong Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.6

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective 6th edition. Pearson Press.

Schunk, H. D., & Pintrich, P. R. (2008). Motivational in Education: Theory, Research, and Application. Pearson Press.

Tarmilia, T., Yuliatun, I., Ramadhani, N., & Lestari, S. (2021). Pelatihan Penentuan Tujuan untuk Meningkatkan Regulasi Diri Belajar. Abdi Psikonomi, 157–166. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.484

Willis, S. (2010). Remaja dan Permasalahannya. Alfa Beta.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2001). Handbook of Self-Regulation of Learning and Performance. Routledge.


Article Metrics

 Abstract Views : 177 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 Nurfi Laili, Ghozali Rusyid Affandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.