The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Permasalahan yang terkait dengan regulasi diri akademik pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk ditunjukkan dengan banyaknya jumlah siswa yang tidak hadir atau bolos dalam proses belajar mengajar hingga lebih dari dua puluh kali dalam satu semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting pada peningkatan kemampuan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang bersekolah di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, sebanyak 42 siswa. Subjek terbagi ke dalam kelompok kontrol sebanyak 22 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa. Metode penelitian kali ini adalah menggunakan pendekatan quasi eksperimen yang membandingkan data pretest dan postest pada kelompok kontrol dan eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala self regulated learning yang dikembangkan peneliti. Analisis data penelitian menggunakan analisis uji perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perbedaan nilai rerata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen diterima, dan terjadi peningkatan yang signifikan self regulated learning sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk


Keywords


Pelatihan Goal Setting; Self Regulated Learning; Siswa SMK