Emotional Intelligence and Self Efficacy as A Contributor of Student Mathematics Learning Outcomes
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Ibrahim Ibrahim
DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v12i2.112276
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957-964. doi:http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p957-964
Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi UNEJ, 2(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402
Awaliah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 59-72. doi:https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a6
Basri, Tayeb, T., Abrar, A. I., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173-182. doi:10.24256/jpmipa.v8i2.1542
Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186-199.
Eliswati, & Munandar, D. R. (2019). Kecerdasan Emosional Dalam Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 (pp. 842-849). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Elliott, J., Stankov, L., Lee, J., & Beckmann, J. F. (2019). What did PISA and TIMSS Ever Do for Us? The Potential of Large Scale Datasets for Understanding and Improving Educational Practice. Comparative Education, 133-155.
Estri, F. K., & Ibrahim. (2021). Mathematical Logical Intelligences and Spatial Visuals as A Predictor of Mathematics Learning Outcomes. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 49-60.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika), Vol. 1 No. 2 Agt 2016, ISSN 2502-5872, 113-122. doi:https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Goleman, D. (2011). The Brain and Emotional Intelligence: New Insights. Northampton: More Than Sound LLC.
Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.
Goleman, D. (2018). Working with emotional intelligence. New York: Bantam Books.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi (pp. 562-569). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hedriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 153-164. doi:10.33603/jnpm.v3i1.2033
Ibrahim. (2011). Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kecerdasan Emosional melalui Pembelajaran Berbasis-Masalah pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi, Tidak Diterbitkan, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesi. Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/8389
Ibrahim. (2012a). Pembelajaran Matematika Berbasis-Masalah yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Infinity, 1(1), 45-61. doi:https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p45-61
Ibrahim. (2012b). Pembelajaran Matematika dengan ICT Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Menuju Pembangunan Karakter Bangsa. FOURIER Oktober 2012, Vol. 1, No. 2, 70-77. doi:https://doi.org/10.14421/fourier.2012.12.47-51
Ibrahim. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka, dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatematika, 4(1), 39-46. doi:http://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160
Ibrahim, & Afifah, R. Y. (2012). Pengaruh Pembelajaran Guided Discovery terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 125-134.
Ibrahim, Sujadi, I., Maarif, S., & Widodo, S. A. (2021). Increasing Mathematical Critical Thinking Skills Using Advocacy Learning with Mathematical Problem Solving. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 1-14.
Ikhsan, S., & Ibrahim. (2021). Student Mathematics Learning Outcomes Judging from Metacognition Ability and Academic Procrastination. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 55-71.
Ilyas, M. (2014). Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter dengan Melibatkan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter di Gedung SCC Palopo pada Sabtu, 03 Mei 2014, Volume 01, Nomor 01 (pp. 47-54). Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran MEA. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251-258. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Lestari, W. (2015). Efektivitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 170-181. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98
Mayer, J. D., & Salovey, P. (1993). The Intelligence of Emotional Intelligence. 17(4), 433-442. doi:10.1016/0160-2896(93)90010-3
Mayer, J. D., Salovey, P., & Caruso, D. R. (2004). Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications. Psychological Inquiry, 15(3), 197-215.
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Jurnal Formatif 6(3), 233-245. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995
Putri. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bontamanai Kota Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Rosida, V. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat, September 2015, Vol. IV, No. 2, ISSN 2086-6755, http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat, 87-101. doi:https://doi.org/10.35580/sainsmat4218362015
Rusgianto, H. S. (2006). Hubungan Antara Sikap Terhadap Matematika, Kecerdasan Emosional Dalam Interaksi Sosial Di Kelas Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 5 Yogyakarta Tahun 2006. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006 dengan tema “Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT" 24 November 2006 (pp. 63-102). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Selfiana, D., Nurfalah, E., & Wirastiwi, W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Video. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume IV Nomor 7 2017, ISSN 2407-8530, 439-447. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org ISSN 2407-8530
Soleh, A. Z. (2005). Ilmu Statistika (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif disertai Contoh Penggunaan SPSS). Bandung: Rekayasa Sains.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasl Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29-39. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap HasiL Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif 3(2), ISSN: 2088-351X, 105-114. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Sukriadi, Basir, A., & Rusdiana. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut dan Garis di Kelas VII MTs Normal Islam Samarinda. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 65-73. doi:http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.85
Sutrisno, T., & Murnika, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Online IPA Kelas V SD Negeri 03 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Pancar, 4(2), 53-65.
Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 13(2), 384-399. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jid.v13i2.485
Trinovita, E. (2017). Deskripsi Kelancaran Prosedural dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 5 Mandai. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.
Widianawati, A. (2017). Hubungan Self Efficacy, Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Klirong Tahun Pelajaran 2016/2017. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Widyastika, R., & Kusuma, A. B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika: Vol 5, No 1, 2019 (pp. 260-268). Purwokerto: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Wiyono, A., Anggo, M., & Kadir. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 6 No. 2 Mei 2018, 113-126.
Article Metrics
Abstract Views : 893 timesPDF Downloaded : 346 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ibrahim Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.