Pengaruh Metode Pembelajaran Flash Card terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar

Krisna Ariesta Nanda(1), Tania Safira Putri(2), Emma Meiliza Afifah(3), Siti Ema Nofianti(4), Inke Putri Agustin(5), Hazhira Qudsyi(6),
(1) Universitas Islam Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Islam Indonesia 
(3) Universitas Islam Indonesia 
(4) Universitas Islam Indonesia 
(5) Universitas Islam Indonesia 
(6) Universitas Islam Indonesia 

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Krisna Ariesta Nanda, Tania Safira Putri, Emma Meiliza Afifah, Siti Ema Nofianti, Inke Putri Agustin, Hazhira Qudsyi

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.107789

Full Text:    Language : Id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran flash card dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Seperti yang diketahui bahwa sangat diperlukan peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris di sekolah-sekolah terutama di Sekolah Dasar. Hal tersebut dikarenakan masa anak-anak adalah periode yang tepat untuk belajar bahasa terutama bahasa Inggris. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris yaitu flash card. Responden penelitian ini merupakan siswa kelas III Sekolah Dasar berjumlah 18 orang. Metode analisis data menggunakan uji beda gained score dan Mann Whitney U untuk melihat perubahan tingkat kemampuan berbicara bahasa Inggris pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran flash card dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan berbeda dengan berhitung (placebo). Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,101 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa hipotesis ditolak. 


Keywords


Metode Pembelajaran, Flash Card, Keterampilan Bicara Bahasa Inggris

References


Anindita, G. (2018). Mempertanyakan Rendahnya Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Indonesia. Retrieved October 20, 2019, from Natasmedia website: http://natasmedia.com/mempertanyakan-rendahnya-kemampuan-berbahasa-inggris-masyarakat-indonesia/

Arifuddin. (2010). Pemerolehan Bahasa Inggris. Jakarta: Bina Pustaka.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Astutie, Y. R. E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Blitar Melalu Games (Kalender). Jurnal PENDIDIKAN : Riset & Konseptual, 2(1).

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fajriyah, I. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta.

Hamid, L. O. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 88–95.

Hotimah, E. (2010). PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II MI AR-ROCHMAN SAMARANG GARUT. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajran Tematik di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 0–216.

Sangidu. (2004). Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Soekamto. (1992). Pemerolehan Bahasa Inggris. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H. G. (1983). Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trisnaningsih, W., Hasyim, A., & Suparman, U. (2015). Pengembangan Bahan Ajar “Worksheets” untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(4).

Visia, S., Djasmi, S., & Sukirlan, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response pada Siswa Kelas 3 SD Negeri di Kota Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(3).

Wardani, K. Y. T., Koyan, I. W., & Wiriya, I. N. (2013). Penerapan Metode Bilingual Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok B2 di TK Saiwa Dharma Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 2664 times
 PDF Downloaded : 893 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Krisna Ariesta Nanda, Tania Safira Putri, Emma Meiliza Afifah, Siti Ema Nofianti, Inke Putri Agustin, Hazhira Qudsyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.