PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWI SMA DI PESANTREN X

Ummul Khairat(1), Yantri Maputra(2), Fitria Rahmi(3),
(1) Universitas Andalas  Indonesia
(2) Universitas Andalas 
(3) Universitas Andalas 

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang)

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v5i2.104921

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian menguji pengaruh prokrastinasi akademik terhadap perilaku menyontek pada siswi sma di Pesantren X. Subjek adalah 104 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang yang dipakai adalah sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik Solomon dan Rothblum (1984) dan skala perilaku menyontek berdasarkan teori Cizek (1999) yang dimodifikasi oleh peneliti. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini didapatkan prokrastinasi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku menyontek terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,008 (P<0,05). Hasil R2 yang didapat adalah 0,066 yang berarti bahwa besarnya pengaruh prokrastinasi akademik terhadap perilaku menyontek pada siswi adalah sebesar 6,6%.

Keywords


prokrastinasi Akademik, perilaku menyontek, pesantren

Article Metrics

 Abstract Views : 2712 times
 PDF Downloaded : 1645 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.