Pengaruh Pelatihan Keterampilan Dasar Berjalan Kaki Terhadap Perilaku Menyeberang Jalan Anak

Duryati Duryati(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang)

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v9i2.102209

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan keterampilan dasar berjalan kaki terhadap perilaku menyeberang jalan anak. Anak-anak merupakan korban yang sangat rentan mengalami kecelakaan. Hampir 18% dari kecelakaan lalu lintas melibatkan pejalan kaki kelompok usia 14 tahun dan lebih muda. Simulasi menggunakan jalan buatan dengan prinsip Applied Behavior Analysis (ABA) yang dilakukan dalam penelitian ini, dapat meningkatkan perilaku menyeberang jalan anak yang aman. Instrumen yang dipakai untuk mengambil data adalah observasi perilaku menyeberang jalan anak. Subyek penelitian terdiri dari 30 orang anak berusia 5-6 tahun yang dipilih dari TK Yayasan Sultan Agung Yogyakarta. Pemilihan secara random dilakukan untuk membagi subjek kedalam kelompok kontrol (15 anak) dan kelompok eksperimen (15 anak). Data dianalisis dengan teknik statistik analisis varian campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan dasar berjalan kaki memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan perilaku menyeberang jalan anak sebesar 78%, yang mengindikasikan bahwa perilaku menyeberang jalan anak menjadi lebih aman setelah mengikuti pelatihan.

Keywords


Perilaku menyeberang, pelatihan keterampilan berjalan kaki, anak

References


Anderson, J. R. (1995). Learning and Memory: An Integrated Approach. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Departemen Perhubungan. (2006). Penyusunan rencana umum keselamatan transportasi darat.

Garson,D.(2009).ReliabilityAnalysis.http://faculty.chass.ncsu.edu/garson/PA765/reliab.htm. diakses pada tanggal 5 Juli 2010.

Handojo. 2003. Autisma. Petunjuk Praktis & Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis & Perilaku Lain. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.

Latipun. (2008). Psikologi Eksperimen. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Quimby, A. (2001). Teaching Children In Developing Countries To Be Safe Road Users. TRL Limited, UK.http://www.transportlinks.org/transport_links/ filearea/publications/1_768_ Pa3739.pdf – diakses pada tanggal 31 Juli 2009.

Sutawi. (2006). Bersama kita bisa membangun budaya keselamatan jalan. Karya Tulis Keselamatan dan Pelayanan Transportasi Harhubnas. http://www. dephub.go.id/modules/Upload_File/files/artikel%20JUARA%201%20LOMBA%20KARYA%20TULIS%20BERSAMA%20KITA%20BISA.pdf – diakses pada tanggal 02 Agustus 2009.

Tempo Interaktif. (2003). 65 persen korban kecelakaan lalu lintas adalah pejalan kaki.http://www.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2003/10/22/brk,20031022-07,id.html. diakses pada tanggal 11 Januari 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 375 times
 PDF Downloaded : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.