The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan keterampilan dasar berjalan kaki terhadap perilaku menyeberang jalan anak. Anak-anak merupakan korban yang sangat rentan mengalami kecelakaan. Hampir 18% dari kecelakaan lalu lintas melibatkan pejalan kaki kelompok usia 14 tahun dan lebih muda. Simulasi menggunakan jalan buatan dengan prinsip Applied Behavior Analysis (ABA) yang dilakukan dalam penelitian ini, dapat meningkatkan perilaku menyeberang jalan anak yang aman. Instrumen yang dipakai untuk mengambil data adalah observasi perilaku menyeberang jalan anak. Subyek penelitian terdiri dari 30 orang anak berusia 5-6 tahun yang dipilih dari TK Yayasan Sultan Agung Yogyakarta. Pemilihan secara random dilakukan untuk membagi subjek kedalam kelompok kontrol (15 anak) dan kelompok eksperimen (15 anak). Data dianalisis dengan teknik statistik analisis varian campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan dasar berjalan kaki memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan perilaku menyeberang jalan anak sebesar 78%, yang mengindikasikan bahwa perilaku menyeberang jalan anak menjadi lebih aman setelah mengikuti pelatihan.

Keywords


Perilaku menyeberang, pelatihan keterampilan berjalan kaki, anak