The Relationship Between Learning Strategies and Member Participation in Group Oyster Mushroom Cultivation Training Tani Raso Kota Payakumbuh

Hanifah Aaliyah Taufik(1), Vevi Sunarti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.127639

Full Text:    Language : en

Abstract


Pelatihan adalah suatu proses perolehan keterampilan khususnya dalam dunia kerja melalui serangkaian bentuk pelatihan pendidikan luar sekolah yang memberikan pelatihan kepada masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang memiliki keterampilan, pengetahuan dan keahlian. Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya strategi pembelajaran dan rendahnya partisipasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran anggota pelatihan budidaya jamur tiram rendah; 2) Partisipasi anggota dalam pelatihan budidaya jamur tiram rendah; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan partisipasi anggota pada pelatihan budidaya jamur trem kelompok Tani Raso Desa Ompang Tanah Sirah Kota Payakumbuh.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, partisipasi


References


Adi, I. R. (2012). Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat: Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. PT.Raja Grafindo Persada.

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631

Aunurrrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/JTP2002.5

Hamalik, O. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan dengan Pendekatan Terpadu. Bumi Aksara.

Mahdona, S. O., & Setiawati, S. (2023). Community Empowerment through Environmental Conservation Program. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 1071–1078. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.783

Masni, T. (2018). Penggunaan Media Bagan dengan Irama Lagu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolismedi Kelas XII Mia 5 SMAN 2 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1).

Nurjanah, S., Fitriani, A., Fitri, A., Putri, E. A., Fudhlah, I. N., Nurhayati, I., Ridwan, M., Widianti, M., Maulida, N. A., Mentari, P., Damyanti, R., Raihani, S. S., & Rasmitadila, R. (2023). Literasi Digital dan Pemanfaatan Pojok Baca Masyarakat. Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2).

Rabbani, N. W., & Natsir, M. (2023). Profile of Courses and Training Institutions ( LKP ) Amani House of Learning in Batam City. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i3.120410

Rochman, M., Marjiono, & Imsiyah, N. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Pasrtisipasi Warga Belajar dalam Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1).

Safitri, W., & Syuraini, S. (2023). The Influence of the Existence of Farmers’ Groups on the Development of Community Empowerment in Agriculture in Kampung Beringin Baru, Jorong Makmur, Padang Gelugur District. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 1000–1004. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.778

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Syamsi, I. (2010). Pendidikan Luar Sekolah sebagai Pemberdaya dalam Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 66–76. https://media.neliti.com/media/publications/217817-pendidikan-luar-sekolah-sebagai-pemberda.pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 53 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.