Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal dengan pendekatan project based learning dalam pembelajaran keterampilan membaca teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII dI SMP Negeri 16 Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII 3 yang menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan lokal dengan kelas VIII 2 yang menggunakan buku Kemendibud sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai n gain score pada kelas eksperimen sebesar 70,17% dan kelas kontrol sebesar 40,36%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran keterampilan membaca teks laporan hasil observasi lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan buku Kemendikbud. Oleh karena itu, model e-book interaktif berbasis kearifan lokal dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang.








