The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter dan permasalahan psikologis tokoh utama dalam novel Gadis Yang Menghafal Puisi karya M Shohim Haris dengan menggunakan pendekatan psikologis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah kutipan dialog dari tokoh utama dalam novel, seorang gadis yang menghafal ayat-ayat yang menunjukkan karakter tokoh utama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik membaca dan mencatat sebagai teknik lanjutan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tokoh Totok Lai dalam novel Gadis menghafal puisi-puisi karya M Shohim Haris. Apa penokohan dan permasalahan psikologis tokoh utama Lai dalam novel Gadis Penghafal Ayat karya M Shohim Haris.  Kata Kunci: Karakteristik, Masalah, Psikologi