The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan penggunaan bahasa iklan yang terdapat pada iklan layanan masyarakat melalui instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk dan bahasa pada iklan layanan masyarakat yang diperoleh dari beberapa postingan instagram. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ada dua sebagai berikut. Pertama, ILM berdasarkan isinya ditemukan 11 iklan tentang kesehatan, 9 iklan tentang covid-19, 6 iklan tentang lingkungan, 3 iklan tentang narkoba, 2 iklan tentang media elektronik, 2 iklan tentang eksploitasi sosial dan 7 tentang media sosial. Semua iklan layanan masyarakat bersifat non komersial. Tujuan iklan layanan masyarakat tersebut adalah untuk menginformasikan dan mengajak masyarakat. Kedua, iklan layanan masyarakat menggunakan gaya bahasa yang menarik, pemilihan kata yang tepat dan mudah dipahami, menggunakan slogan yang menarik, menggunakan kalimat persuasif, serta sudut pandang orang pertama tunggal, orang kedua, dan orang ketiga. Untuk penggunaan bahasa iklan layanan masyarakat di instagram hampir sama dengan iklan layanan masyarakat pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada pemilihan kata (diksi) pada caption iklan layanan masyarakat yang cenderung tidak baku dan menggunakan bahasa gaul yang mudah dipahami masyarakat. Bahasa iklan layanan masyarakat di instagram memperhatikan kehematan kata dan kelogisan kata yang digunakan.