The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


ABSTRACT 

Pemerolehan bahasa reseptif dan ekspresif pada anak autisme berbeda-beda, sesuai dengan intelektual yang dimiliki oleh anak tersebut. Tulisan ini memiliki tujuan untuk memaparkan dan mendeskripsikan pemerolehan bahasa reseptif dan ekspresif yang dimiliki oleh Gibran yang memiliki penyakit autism ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi non partisipan untuk mengamati proses belajar anak dalam menunjukkan gambar, meniru suara, dan memperlihatkan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa reseptif Gibran hanya pada beberapa unsur saja, yaitu mengidentifikasi anggota tubuh, hewan, buah, dan benda. Pengidentifikasian yang dilakukan Gibran tidak seluruhnya ia kuasai, hanya beberapa saja. Begitupun dengan pemerolehan bahasa ekspresif. Gibran yang dapat meniru suara huruf vocal, suara suku kata, dan kata yang hanya telah ia pelajari saja dan ketika disuruh mengulangi lagi ia tidak mampu mengulang seluruhnya. Ia hanya bisa menyebutkan kata mama, papa, dan bu.

Keywords: pemerolehan, bahasa, reseptif, ekspresif, autisme